<p>Tower Citibank. / Citibank</p>
Finansial

UOB Pastikan Akuisisi Consumer Banking Citibank Tuntas Akhir November 2023

  • Nilai akuisisi yang mencakupi lini consumer banking Citibank untuk keempat negara mencapai S$4 miliar atau setara dengan Rp45,07 triliun.

Finansial

Idham Nur Indrajaya

JAKARTA - Wholesale Banking Director PT Bank UOB Indonesia Harapman Kasan menyampaikan bahwa proses akuisisi consumer banking Citibank N.A. Indonesia akan tuntas pada November 2023.

Hal tersebut diungkapkannya seusai konferensi pers peluncuran fitur Financial Supply Chain Management (FSCM) UOB Infinity di UOB Plaza, Jakarta, Senin, 25 September 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Harapman juga mengatakan bahwa proses akuisisi ini berjalan sesuai dengan skema dan lini waktu yang telah ditetapkan.

"Sedang berproses (akusisi Citibank), sudah tahap final. Kita harapannya di November ini," kata Harapman.

Akuisisi atas lini bisnis Citibank ini dihitung satu paket dengan tiga negara lainnya di luar Indonesia, yaitu Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Nilai akuisisi yang mencakupi lini consumer banking Citibank untuk keempat negara mencapai S$4 miliar atau setara dengan Rp45,07 triliun dalam asumsi kurs Rp11.267 per-dolar Singapura.

Sebelumnya, Chief Executive Officer (CEO) Citi Indonesia Batara Sianturi mengungkapkan kabar tentang akuisisi lini bisnis konsumer (consumer banking) oleh UOB Indonesia yang ditargetkan akan rampung sekitar akhir 2023.

“Sesuai dengan yang kita umumkan di kuartal I, ditargetkan di akhir tahun 2023,” ujar Batara di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Proses akuisisi bisnis konsumer tersebut merupakan aksi korporasi yang dilakukan oleh Citigroup secara global. Nantinya, lini consumer banking Citigroup ke depan hanya akan beroperasi di beberapa negara, di antaranya Hong Kong, Singapura, London, dan Timur Tengah.

Selain di Indonesia, Citi juga menjual bisnis konsumer di Thailand, Malaysia, Vietnam, India, Korea Selatan, dan China. Kesepakatan Citi dan UOB mencakup Indonesia, Malaysia, Vietnam, dan Thailand diresmikan pada Januari 2022 lalu.

Adapun kesepakatan ini mencakup seluruh karyawan Citi yang terkait. Sekitar 5.000 karyawan consumer banking dan karyawan pendukung diharapkan untuk dipindahkan ke UOB setelah penutupan transaksi.