Orang-Orang Berbelanja di Borough Market di London, Inggris (Reuters/Anna Gordon)
Dunia

Upah Minimum Inggris Naik 9,8 Persen Mulai April 2024

  • Upah minimum Inggris akan meningkat sebesar 9,8% menjadi 11,44 pound (US$14,26) per jam mulai April 2024. Ini menjadikan Inggris sebagai salah satu negara dengan kenaikan upah tertinggi dibanding rata-rata ekonomi maju lain.
Dunia
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Upah minimum Inggris akan meningkat sebesar 9,8% menjadi 11,44 pound (US$14,26) per jam mulai April 2024. Ini menjadikan Inggris sebagai salah satu negara dengan kenaikan upah tertinggi dibanding rata-rata ekonomi maju lain.

Menteri Keuangan Jeremy Hunt mengumumkan kenaikan tersebut pada malam penyampaian pembaruan anggaran pertengahan tahun yang diharapkan dapat mengurangi pajak dan memberikan persyaratan yang lebih besar bagi mereka yang tidak bekerja untuk mencari pekerjaan atau menghadapi kehilangan tunjangan.

Bulan lalu, Hunt mengatakan pada konferensi tahunan Partai Konservatifnya bahwa dia bermaksud menaikkan upah minimum menjadi setidaknya 11 pound per jam, bagian dari tujuan untuk menaikkannya menjadi dua pertiga dari pendapatan rata-rata.

“Upah Layak Nasional telah membantu mengurangi separuh jumlah orang dengan gaji rendah sejak 2010,” kata Hunt, Selasa, 22 November 2023.

Kenaikan besar dalam upah minimum terjadi ketika Bank of England memperingatkan bahwa laju pertumbuhan upah saat ini dalam ekonomi yang lebih luas—yang mencapai sekitar 8% awal tahun ini—akan membuat sulit untuk mengembalikan inflasi ke target 2%.

Pada tahun 2022, OECD memperkirakan upah minimum Inggris setara dengan 58% dari pendapatan penuh waktu, tertinggi ketiga di Eropa barat setelah Portugal dan Prancis.

Pemerintah mengatakan, sekitar 2,7 juta pekerja akan mendapat manfaat langsung dari kenaikan tersebut.

Sebagai bagian dari perubahan, pekerja berusia 21 dan 22 tahun akan berhak atas upah minimum penuh untuk pertama kalinya, sementara tarif yang lebih rendah yang dibayarkan kepada pekerja berusia 18 hingga 20 tahun dan pekerja magang juga akan meningkat.

Komisi Upah Rendah, sebuah panel ahli yang menasihati pemerintah tentang kenaikan upah minimum, mengatakan argumen seputar kenaikan yang akan datang seimbang.

“Seperti tahun lalu, bisnis merasa tertekan untuk memberikan kenaikan Upah Layak Nasional kepada konsumen. Lebih banyak lagi yang khawatir tahun ini bahwa mereka mencapai batas dalam apa yang dapat mereka lewati tanpa mengurangi permintaan,” katanya, dikutip dari Reuters, Rabu, 22 November 2023.

“Perawatan sosial dan pengasuhan anak akan menghadapi kesulitan terutama,” tambahnya.