Direktur Utama PT GTS Internasional Tbk (GTSI_ Tammy Meidharma mewakili perseroan dalam penerimaan penghargaan TrenAsia ESG Award 2023 di Hotel Raffles Jakarta, Rabu, 30 Agustus 2023.
Korporasi

Upayakan Pengendalian Emisi, GTSI Raih Penghargaan TrenAsia ESG Award 2023

  • PT GTS Internasional Tbk (GTSI) meraih penghargaan TrenAsia ESG Award 2023 atas upaya perseroan dalam pengendalian emisi demi mewujudkan ekosistem yang berkelanjutan.
Korporasi
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - PT GTS Internasional Tbk (GTSI) meraih penghargaan TrenAsia ESG Award 2023 atas upaya perseroan dalam pengendalian emisi demi mewujudkan ekosistem yang berkelanjutan.

Penghargaan TrenAsia ESG Award 2023 kategori Logistic and Delivery dengan predikat Action dianugerahkan kepada GTSI atas komitmen anak usaha PT Humpuss Maritim Internasional Tbk (HUMI) ini dalam menerapkan prinsip lingkungan, sosial, dan tata kelola (environmental, social, and governance/ESG).

Trofi penghargaan diterima oleh Direktur Utama GTSI Tammy Meidharma dalam acara Awarding Night TrenAsia ESG Award 2023 yang diselenggarakan di Hotel Raffles Jakarta, Rabu, 30 Agustus 2023.

Tammy mengatakan, penerapan prinsip ESG dalam bisnis merupakan aspek yang sangat penting karena kuat kaitannya dengan perwujudan ekosistem yang keberlanjutan, baik dalam konteks lingkungan, sosial, maupun tata kelola.

"Jadi, ini juga memang untuk keberlanjutan perusahaan ke depan dan menjaga lingkungan serta kesehatan perusahaan juga. Apalagi dengan global warming sekarang, aspek lingkungan itu menjadi sangat penting," ujar Tammy seusai ia menerima trofi penghargaan di acara Awarding Night TrenAsai ESG Award 2023.

Kebijakan pengendalian emisi dilakukan oleh perseroan sesuai ketentuan dalam IOPP (International Oil Pollution Prevention), IAPP (International Air Pollution Prevention), maupun International Ballast Water Management Certificate guna mengendalikan potensi dampak lingkungan yang ditimbulkan dari polusi minyak, polusi udara dan polusi akibat pencampuran air laut.

Selain itu tanggung jawab lingkungan perseroan juga melakukan penghematan bahan bakar, penggunaan air dengan sensor otomatis pada kran yang terpasang di wastafel untuk mengatur aliran airnya, menggunakan sistem bilas otomatif pada kloset untuk menghemat penggunaan air dan tidak menggunakan wadah penampung air pada konsep toilet kering.

Aspek sosial perseroan fokus kepada pemberian kesempatan kerja serta kebijakan kerja paksa dan pekerja di bawah umur.

Perseroan memiliki kebijakan untuk memberikan kesempatan yang sama bagi mereka yang ingin berkarir di perusahaan selama mereka dapat memenuhi persyaratan yang ditetapkan pada saat rekrutmen.

Tak ketinggalan perseroan memastikan K3 di lingkungan kerja terjaga dengan meminimalisir kecelakaan kerja. Lalu, sebagai wujud apresiasi atas dedikasi dan kontribusi karyawan terhadap pertumbuhan bisnis, maka perseroan telah merumuskan kebijakan remunerasi bagi karyawan dengan mengacu pada undang-undang ketenagakerjaan serta kemampuan finansial perusahaan dan tingkat daya saingnya di industri serta berlaku setasra bagi karyawan laki-laki dan perempuan.

Direktur Utama PT Tren Media Berjejaring Sukirno mengatakan TrenAsia ESG Award yang memasuki tahun kedua ini hadir untuk merekam jejak perusahaan-perusahaan yang telah menerapkan prinsip ESG dalam bisnisnya. Ajang penghargaan ini diharapkan menjadi penyemangat bagi pelaku bisnis bahwa upaya-upaya perusahaan menjaga keberlanjutan akan terus diingat oleh masyarakat, konsumen, dan pemangku kepentingan.

“TrenAsia ESG Award 2023 memberikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap perusahaan yang telah menjalankan bisnis dengan tetap memperhatikan aspek lingkungan, menjalankan fungsi tanggung jawab sosial, serta memiliki tata keuangan yang baik,” kata Sukirno di Raffles Jakarta, pada Rabu, 30 Agustus 2023.

Ketua Dewan Juri TrenAsia ESG Award Mas Achmad Daniri mengungkapkan aspek ESG telah menjadi topik yang sangat penting di berbagai kalangan, baik pelaku usaha, pemerintah, maupun investor. Bukan hanya di tingkat global, kesadaran masyarakat Indonesia akan ESG ini semakin tajam.

Daniri meyakini bahwa dengan praktik ESG, perusahaan bukan hanya bisa mengejar laba dan imbal hasil besar, tapi fokus bagaimana keuntungan tersebut memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat.  Hal ini pun terbukti dari perusahaan-perusahaan yang telah mengedepankan ESG, lebih tahan banting dan mampu memberikan hasil investasi yang berkelanjutan.

“Perusahaan dinilai bukan hanya berdasarkan kinerja keuangan dan program-program tahunan, namun komitmen dan konsistensinya terhadap bisnis berkelanjutan. Dalam proses penilaian, Dewan Juri TrenAsia ESG Award menemukan banyak fakta menarik dari beragam inisiatif dan implementasi ESG yang telah dilakukan perusahaan, baik dalam laporan maupun fakta di lapangan,” ujar Daniri.