Hadiri ISCFE 2021 – APEKSI, Gibran : Solo Akan Gas Pol Bangun Ekosistem Smart City Berkelanjutan.
Nasional

Urai Kemacetan Kota Solo, Gibran Puji Sistem ITCS Karya Digital Nusa (TRON)

  • Gibran apresiasi PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk (TRON) yang telah memasang sistem pengendalian lalu lintas cerdas atau Intelligent Traffic Control System (ITCS) di beberapa titik persimpangan jalan Kota Solo.
Nasional
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA – Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming memberikan apresiasi kepada PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk (TRON) yang telah memasang sistem pengendalian lalu lintas berbasi kecerdasan buatan atau Intelligent Traffic Control System (ITCS) di beberapa titik persimpangan jalan Kota Solo. 

Pria yang kerap disapa Gibran mengatakan, sistem ITCS yang dipasang Karya Digital Nusa sangat membantu mengurai kemacetan pada persimpangan jalan di Kota Solo. Kedepannnya, ia berharap masyarakat dapat memanfaatkan moda transportasi publik. 

"Penerapan teknologi untuk mengurangi kepadatan lalu lintas ini sangat baik dilakukan sehingga dapat mendorong masyarakat untuk bermobilisasi menggunakan transportasi publik," ungkap Gibran dikutip, Rabu, 23 Agustus 2023. 

Diketahui Karya Digital Nusa telah memasang sistem ITCS yang memanfaatkan kecerdasan buatan itu di dua persimpangan jalan Kota Solo, yakni Simpang Tugu Wisnu Manahan dan Simpang Sumber Girimulyo.

Direktur Utama Karya Digital Nusa David Santoso menjelaskan, sistem yang dipasang itu telah diuji dan mendapatkan sertifikasi VV&E (Verifikasi, Validasi & Evaluasi) oleh Intelligent Transportation System Association of Indonesia (ITS Indonesia) yang merupakan organisasi independen yang mewakili ITS Asia Pacific Forum dan ITS World Community.

"Dengan adanya sertifikasi VV&E ini, PT TKDN terbukti telah memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan dan mampu menyesuaikan dengan kondisi lalu lintas di Indonesia," jelas David. 

Keunggulan Sistem ITCS

Sebagai smart city enabler di Indonesia, terkini Karya Digital Nusa telah memanfaatkan teknologi AI Digital Twin 3D Generasi ke-5 dan teknologi AI Predictive Modelling dalam sistem ITCS tersebut.

Denga begitu, sistem secara otomatis akan mendeteksi jika kondisi di simpang terpantau padat dan membutuhkan lampu hijau lebih panjang atau jika salah satu simpang memiliki tingkat kepadatan lebih tinggi agar mendapat lampu hijau lebih lama serta mempercepat lampu merah di simpang lainnya secara realtime.

Selain itu, sistem ITCS juga dapat mendeteksi transportasi umum seperti bus atau angkutan perkotaan agar mendapat prioritas lampu hijau ketika melewati persimpangan yang disebut fitur bus priority.

"Kami siap berkomitmen untuk terus mengembangkan sistem pengendalian lalu lintas yang lebih modern dan efisien dengan memanfaatkan teknologi terkini sehingga dapat mendukung konsep smart city di kota-kota besar Indonesia," papar David.

Kemitraan

Belum lama ini, Karya Digital Nusa menandatangani kemitraan untuk pengembangan sistem lalu lintas smart city berbasis kecerdasaan buatan dengan perusahaan teknologi asal Hong Kong, Hikvision Global.  

Kemitraan itu meliputi pengembangan solusi lalu lintas berbasis kecerdasan buatan, seperti ITCS dan Traffic Dashboard yang seluruhnya telah melalui Verifikasi, Validasi & Evaluasi (VV&E) oleh organisasi non-profit, ITS Indonesia serta Sistem Manajemen Keselamatan Transportasi. 

Teknologi itu mencakup sistem pengawasan armada dan driver behavior analysis, solusi manajemen jalan tol yang terdiri dari sistem pengawasan, ANPR, pengklasifikasian kendaraan, hingga pengembangan ekosistem jalan tol.