Bandara Kertajati
Nasional

Usai Angkut Jemaah Umrah, Bandara Kertajati Siap Layani Penerbangan Domestik dan Internasional

  • Setelah sukses memberangkatkan jemaah umrah menuju Jeddah dan Madinah, dalam waktu dekat Bandara Kertajati akan segera melayani lagi penerbangan domestik dan internasional.
Nasional
Feby Dwi Andrian

Feby Dwi Andrian

Author

JAKARTA - Setelah sukses memberangkatkan jemaah umrah menuju Jeddah dan Madinah, dalam waktu dekat Bandara Kertajati akan segera melayani lagi penerbangan domestik dan internasional.

Menurut Vice President of Corporate Secretary & General Administration PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (Perseroda) (PT BJIB) Dian Nurrahman menyampaikan dalam waktu dekat Bandara Kertajati akan kembali melayani penerbangan domestik maupun internasional.

Selama ini, ia menambahkan, penerbangan yang masih berjalan di Bandara Kertajati adalah penerbangan kargo saja.

"Ke depannya selain penerbangan haji dan umroh yang akan dilaksanakan adalah penerbangan komersial baik domestik maupun internasional," katanya kepada TrenAsia, Selasa, 29 November 2022.

Lebih lanjut, terkait rute menurutnya masih akan dinegosiasikan kepada para maskapai.

Ia menambahkan terkait rute akan diadakan proses negosiasi rute dan slot conference yang akan dilaksanakan sebanyak dua kali dalam satu tahun.

Ia juga membocorkan bahwa di awal Desember mendatang akan diadakan proses negosiasi rute dengan para maskapai penerbangan.

"Pasca pertemuan itulah kita baru akan tahu, rute mana yang akan diterbangi oleh maskapai," sambungnya.

Saat ini, PT BJIB juga telah memastikan seluruh fasilitas yang ada di Bandara Kertajati siap untuk penerbangan internasional.

Dian juga memastikan bahwa pihaknya selalu berkoordinasi dengan PT Angkasa Pura II selaku operator bandara, agar memastikan proses penerbangan domestik dan internasional berjalan lancar.

Dian menambahkan, apabila dengan rampungnya pembangunan jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) bisa membuat bandara semakin ramai dan kompetitif.

"Jika nanti kondisi Cisumdawu sudah terkoneksi, maka target penerbangan domestik menjadi lebih dominan dibandingkan dengan penerbangan internasional," ungkapnya.