Fintech

Usai Beli 4,5 Persen, SiCepat Bakal Borong Lagi Saham DMMX

  • Perusahaan jasa pengiriman barang, PT SiCepat Ekspres Indonesia (SiCepat) mengumumkan kerja sama dengan PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX), anak perusahaan PT NFC Indonesia Tbk (NFCX), grup dari PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS).

Fintech
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Perusahaan jasa pengiriman barang, PT SiCepat Ekspres Indonesia (SiCepat) mengumumkan kerja sama dengan PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX), anak perusahaan PT NFC Indonesia Tbk (NFCX), grup dari PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS).

Kolaborasi yang dibangun yakni menghadirkan solusi periklanan melalui digital cloud di beberapa titik layanan SiCepat. Kerja sama ini akan diawali dengan pengembangan platform komersial jaringan ritel usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) DMMX dengan SiCepat.

Dalam kemitraan ini, SiCepat melalui platform e-commerce Grup SiCepat akan memberikan dukungan penuh dalam penyediaan bahan makanan, bahan baku, atau persediaan kepada UMKM yang tergabung dalam jaringan DMMX.

Kegiatan pengadaan pasokan ini akan didukung oleh layanan logistik terintegrasi dari SiCepat Ekspres. Melalui platform DMMX, pelaku UMKM akan dibekali dengan kemampuan perdagangan digital dan pengembangan pasar serta  pemasaran digital.

CEO SiCepat Ekspres, Kim Hai mengaku optimistis dengan terintegrasinya layanan yang dimiliki SiCepat dan DMMX, dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap program pemberdayaan UMKM Indonesia yang saat ini mencapai 62 juta pelaku.

“Saat ini SiCepat telah menginvestasikan 4,5 persen kepemilikan di DMMX. Kami berencana untuk meningkatkan kepemilikan di DMMX untuk lebih memperkuat sinergi ini,” ujarnya melalui keterangan resmi yang diterima TrenAsia.com, Kamis 27 Mei 2021.

Sementara itu, Presiden Direktur DMMX Budiasto Kusuma menyebut telah menerapkan berbagai solusi, termasuk memperkuat layanan e-commerce dan marketplace sebagai penyedia layanan digital marketing.

Menurutnya, ada potensi efek jaringan luar biasa yang dapat diwujudkan dengan menyelaraskan jaringan pemasaran DMMX dengan kemampuan logistik SiCepat.

“Kami sangat senang dapat bermitra dengan SiCepat untuk semakin memperkuat mitra UMKM kami dalam mengikuti pesatnya pertumbuhan era digital,” pungkasnya.

Sepanjang 2021, SiCepat telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan pelaku UMKM online di Tanah Air. Hal tersebut ditunjukkan dengan lebih dari 6 juta penjual yang menggunakan layanan SiCepat Ekspres dan diprediksi tumbuh 35% pada akhir tahun ini.

Sementara itu, jaringan UMKM DMMX juga terus mengalami pertumbuhan yang pesat. Hingga tahun 2020, DMMX telah berhasil mendigitalisasi 83.881 UMKM, atau tumbuh 67% year-on-year (yoy) dibandingkan dengan tahun sebelumnya, sebanyak 50.182 UMKM. (SKO)