Cara Download Video Twitter Mudah Tanpa Menggunakan Savefrom.net
Tekno

Usai Elon Musk Akuisisi Twitter, Akun Centang Biru Bakal Ditarik Bayaran

  • Menurut kabar, akun centang biru yang ada di Twitter akan dijadikan fitur berbayar alias ditarik bayaran
Tekno
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

TEXAS - Pasca diakuisisi oleh miliarder Elon Musk, Twitter dirumorkan akan memberlakukan kebijakan baru. Menurut kabar, akun centang biru yang ada di Twitter akan dijadikan fitur berbayar alias ditarik bayaran.

Artinya, akun centang biru yang sudah terverifikasi namun tak membayar biaya langganan akan kehilangan lencananya.

Mengutip Insider Senin, 31 Oktober 2022, para eksekutif Twitter telah membicarakan aksi pada akhir pekan ini. Menurut sumber yang enggan disebut identitasnya, hal ini dilakukan untuk mendongkrak pendapatan platform media sosial tersebut selain iklan.

Adapun biaya verifikasi langganan centang biru, Twitter kabarnya akan menarik bayaran kisaran US$19,99 per bulan.

Jika Twitter benar-benar menarik bayaran untuk berlangganan lencana verifikasi, maka media sosial tersebut menjadi pelopor langganan centang biru berbayar. Sebab sebagian besar aplikasi melakukannya dengan gratis. 

Sebagai informasi, tahun lalu Twitter merilis layanan berbayar yakni Twitter Blue dengan biaya berlangganan kisran US$4,99. Layanan ini memberikan engguna akses ke fitur-fitur baru seperti ikon aplikasi yang dapat disesuaikan.

Twitter blue juga dilengkapi kemampuan untuk membatalkan atau mem-bookmark tweet, dan "mode pembaca" untuk lebih mudah melihat utas panjang posting.

Kritik Elon Musk

Ide mengenai menerapkan sistem centang biru berbayar memang tak jauh dari ide Elon Musk. Seperti diketahui, bos Tesla tersebut menggambarkan centang biru pada Twitter sebagai status elitis dengan persyaratan kelengkapan yang dianggap bias.

Karenanya, metode berlangganan dengan cara berbayar dianggap bisa menerapkan kriteria yang lebih jelas sekaligus meraup tambahan pendapatan bagi platform media sosial berlogo burung biru.

Selain pertimbangan tersebut, Musk juga pernah mengatakan lewat kicauan di akun twitternya bahwa ia sangat membenci iklan. Saat penawaran akuisisi pada investor, Musk berjanji untuk mengurangi ketergantungan platform tersebut pada pendapatan iklan sembari meningkatkan pendapatan rata-rata lewat penggunanya.