Salah satu lini bisnis entitas Erajaya, Sinar Eka Selaras (ERAL).
Korporasi

Usai IPO, Pendapatan Entitas Erajaya (ERAL) Tembus Rp2,7 Triliun pada Kuartal III-2023

  • Entitas anak usaha Erajaya Group, PT Sinar Eka Selaras Tbk (ERAL) baru saja mengumumkan kinerja keuangan yang positif pada kuartal III-2023.
Korporasi
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA – Usai melangsungkan hajatan Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI), entitas anak usaha Erajaya Group, PT Sinar Eka Selaras Tbk (ERAL) baru saja mengumumkan kinerja keuangan yang positif pada kuartal III-2023. 

ERAL Entitas Erajaya yang bergerak pada lini bisnis marketing, distribusi dan jaringan ritel produk active lifestyle ini berhasil mencatatkan peningkatan penjualan bersih sebesar 26,6% dengan nilai Rp2,7 triliun pada kuartal III-2023. 

Sebelumnya, ERAL telah melakukan pencatatan saham perdana di BEI pada tanggal 8 Agustus 2023. Langkah korporatif ini, entitas Erajaya Group itu berhasil mengumpulkan dana baru dari pasar modal senilai Rp404,6 miliar. 

Menyikapi kinerja keuangan yang positif, Direktur Utama ERAL, Djohan Sutanto, menyatakan bahwa peningkatan pendapatan merupakan hasil dari upaya perseroan dalam memanfaatkan momentum positif selama sembilan bulan pertama tahun 2023, seperti awal tahun ajaran baru sekolah dan meningkatnya popularitas acara gaya hidup sejalan dengan transisi endemi.

“Semua itu berkontribusi positif terhadap kinerja perseroan. Dalam periode ini, kami mencatatkan pendapatan sebesar Rp2,7 triliun atau naik sebesar 26,6% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Begitu pula dengan laba bersih perseroan yang meningkat menjadi Rp 164,3 miliar dari Rp160,3 miliar pada periode yang sama di tahun sebelumnya,” jelasnya dalam keterangan tertulis dikutip Kamis, 02 November 2023. 

Pertumbuhan kinerja yang konsisten tersebut didukung oleh ekspansi jaringan ritel dengan pembukaan 37 gerai baru sepanjang tahun ini. Ekspansi ERAL ini sesuai dengan strategi perusahaan untuk memperluas kehadirannya di pasar domestik.

Hingga akhir September 2023, jaringan ritel ERAL telah mencapai 100 gerai, termasuk 58 toko multi-brand store dan 42 mono-brand store. Penambahan gerai dari sektor sports fashion JD Sports dan ASICS turut melengkapi portofolio perusahaan. ERAL juga menyediakan pengalaman berbelanja online melalui situs livewithit.id dan urbanrepublic.id, sementara produk sports fashion apparel dapat ditemukan di jdsports.id.

Selain itu, ERAL telah menjalin kerjasama dengan tiga platform marketplace utama, yaitu Tokopedia, Shopee, dan Blibli, untuk membuka official store-nya di sana. Hal ini memberikan pelanggan pengalaman berbelanja dalam omni-channel yang komprehensif.

Terkini, ERAL memiliki portofolio berbagai brand untuk berbagai segmen produk di sektor ritel. Di segmen Accessories (ecosystem), tersedia brand seperti Apple, Samsung, Huawei, Xiaomi, Playstation, Microsoft, JBL, dan lainnya. Segmen Internet of Things (IoT) mencakup brand DJI, Garmin, GoPro, Marshall, Segway, dan sebagainya. Sementara itu, di segmen sportswear, fashion, dan outdoors, ERAL menawarkan brand JD Sports, ASICS, serta Urban Adventure.

ERAL juga tengah mengembangkan private label IT (Immersive Tech) untuk produk aksesoris, smart home, produk IoT, dan ekosistemnya. Pada tanggal 29 Agustus 2023, ERAL meresmikan pembukaan gerai pertama IT (Immersive Tech) di Surabaya, sebuah langkah penting untuk memperkenalkan produk private label kepada pelanggan setia.

ERAL yakin bahwa permintaan terhadap produk-produk gaya hidup aktif memiliki prospek yang cerah di pasar domestik, mengingat kesadaran akan penerapan gaya hidup aktif semakin meningkat, terutama di kalangan generasi muda Indonesia. 

“Perseroan akan terus mengembangkan bisnis active lifestyle yang dimiliki melalui ekspansi jaringan ritel, memperkaya portofolio brand active lifestyle dan memaksimalkan kapabilitas omni-channel yang dimiliki oleh Erajaya Group untuk mendukung pertumbuhan bisnis perseroan. Dengan memanfaatkan potensi besar dari sektor ritel gaya hidup, kami optimistis untuk dapat berkontribusi positif kepada Erajaya Group.” tutupnya.