Will Smith menampar Chris Rock pada gelaran acara Oscar
Nasional

Usai Tampar Chris Rock, Will Smith Resmi Di-blacklist dari Oscar Selama 10 Tahun

  • Will Smith dilarang datang ke Oscar dan seluruh ajang penghargaan film lainnya di AS.
Nasional
Muhammad Farhan Syah

Muhammad Farhan Syah

Author

JAKARTA - Setelah terjadinya insiden penamparan yang dilakukan oleh Will Smith kepada Chris Rock di ajang bergengsi Academy Awards itu, kini Will Smith menerima sanksi berupa pelarangan menghadiri penganugerahan Oscar hingga 10 tahun ke depan.

Keputusan tersebut diambil Dewan Gubernur Academy of Motion Pictures Arts & Sciences (Ampas) setelah dilakukanya rapat pada Jumat, 8 April 022 untuk menentukan sanksi apa yang akan diberikan kepada aktor pemeran film Aladdin tersebut. Adapun sanksi tersebut tidak hanya berlaku pada gelaran Oscar, namun seluruh acara penghargaan lainnya.

"Dewan telah memutuskan, untuk jangka waktu 10 tahun dari tanggal 8 April 2022, Smith tidak akan diizinkan untuk menghadiri acara atau program Academy, secara langsung atau virtual, termasuk tidak terbatas pada Academy Awards," terang Academy dalam pernyataan tertulisnya, dikutip Minggu, 10 April 2022.

Meski begitu, dalam pernyataan tersebut, Academy menerangkan bahwa Smith tidak kehilangan kesempatan untuk dapat dinominasikan atau bahkan memenangkan penghargaan Academy Awards di tahun-tahun mendatang. Namun aktor tersebut tetap tidak diperbolehkan menghadiri sejumlah ajang penghargaan bagi industri perfiliman di Amerika Serikat tersebut.

Sebelumnya, Smith menyerang Rock setelah komedian tersebut membuat lelucon tentang kepala gundul sang istri yakni Jada Pinkett Smith. Pinkett Smith telah berbicara secara terbuka tentang perjuangannya pada penyakit alopecia yang membuat rambutnya mengalami kerontokan.

Tidak hanya melakukan penyerangan dengan menampar sang komedian tersebut, Smith bahkan melontarkan kata tidak menyenangkan kepadanya sembari ia berjalan kembali ke tempat duduknya. "Keep my wife out of yout f*cking mouth!" teriaknya kepada Chris Rock.

Meski begitu, Smith pun pada akhirnya meminta maaf kepada Rock dalam sebuah postingan di Instagram selang satu hari setelah berlangsungnya insiden itu. Tak lama, Smith pun akhirnya memutuskan untuk mengundurkan diri dari Academy.