Nasional

USD dan EUM Jepang Gelar Konser Kolaborasi untuk Galang Dana Pendidikan

  • Lagu-lagu tema anime yang ditampilkan seolah mengajak para penonton untuk kembali bernostalgia dengan masa lalunya.
Nasional
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

YOGYAKARTA- Universitas Sanata Dharma (USD) dan Elisabeth University of Music (EUM) Japan menggelar konser amal kolaboratif yang bertajuk ‘Memories of Our Fantasy: A Collaboration Concert’.

Konser kolaboratif yang di Auditorium Driyarkara,  USD ini digelar Jumat 23 Februari 2024 ini membawakan lagu-lagu tema anime. Konser bertujuan menggalang dana untuk biaya pendidikan ratusan mahasiswa tidak mampu yang dikelola oleh Lembaga Kesejahteraan Mahasiswa (LKM) USD.

Rektor USD, Albertus Bagus Laksana, S.J. S.S., Ph.D mengatakan konser kolaboratif ini untuk merayakan hubungan kerjasama USD dengan Elisabeth University of Music sebagai sesama universitas Jesuit dalam jaringan global.

“Malam ini merupakan perayaan hubungan dan kolaborasi USD dengan Elisabeth University of Music sebagai sesama universitas Jesuit. Kami percaya bahwa kolaborasi antarbangsa akan punya efek baik untuk kemanusiaan global yang seringkali diterpa persoalan, perpecahan, dan ketidakmampuan untuk berkomunikasi,” ucap Romo Bagus, dalam keterangannya, Rabu 28 Februari 2024.

Rektor EUM, Professor Yuji Kawano, dalam sambutan tertulisnya menyampaikan bahwa konser kolaboratif ini merupakan implementasi dari Ensiklik Laudato Si Paus Fransiskus dan Sustainable Development Goals (SDGs), yang menjadi agenda setiap universitas jesuit di seluruh dunia.

“Ini merupakan kali pertama mahasiswa kami mendatangi Indonesia, didampingi staf pengajar musik vokal, yaitu Profesor Yoshiko Kobayashi. Kami berharap, melalui konser ini untuk memperluas pengetahuan di bidang seni-budaya Indonesia dan dapat bekerja sama mewujudkan misi kemanusiaan serta pemabangunan berkelanjutan,” tambah Profesor Yuji Kawano.

Fransiskus Purhastanto, S.J., Kepala Campus Ministry EUM yang hadir mendampingi para mahasiswanya, menyampaikan bahwa konser kolaborasi ini merupakan salah satu rangkaian pesta konser perayaan 75 tahun berdirinya EUM dan bertujuan untuk berkontribusi dalam program pembangunan berkelanjutan khususnya pada bidang pengentasan kemiskinan, kualitas pendidikan, dan kemitraan.

“Semoga konser kemitraan ini membuat kita tidak hanya saling bekerja sama dan belajar, tetapi juga berpartisipasi dan berkomitmen secara aktif pada program SDGs dari PBB yang dimulai pada tahun 2015 dan akan berakhir di 2030. Semoga yang mereka persiapkan bisa membuahkan hasil maksimal dan hadirin bisa menikmati,” tuturnya.

Konser amal kolaboratif ‘Memories of Our Fantasy: A Collaboration Concert’ ini dihadiri sekitar 500 penonton yang memadati Auditorium Driyarkara, Universitas Sanata Dharma. 

Penampilan kolaboratif 7 orang mahasiswa EUM dan Paduan Suara Mahasiswa Cantus Firmus USD menghadirkan sajian musik yang sangat menghibur. Lagu-lagu tema anime yang ditampilkan seolah mengajak para penonton untuk kembali bernostalgia dengan masa lalunya. Lagu ‘Memories’ yang merupakan soundtrack anime One Piece menjadi penutup konser amal kolaboratif ini.