<p>Penghuni akan tinggal di rumah yang dilengkapi dengan teknologi robotika untuk membantu kehidupan sehari-hari serta kecerdasan buatan berbasis sensor untuk memantau kesehatan dan mengurus kebutuhan dasar.</p>
Gaya Hidup

Utamakan Kenyamanan, Berikut Ciri-Ciri Rumah Sehat yang Perlu Diketahui

  • Menentukan pilihan properti harus dilakukan secara jitu. Tak hanya aspek lokasi dan legalitas, kondisi properti juga harus diperhatikan, salah satunya
Gaya Hidup
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

JAKARTA - Menentukan pilihan properti harus dilakukan secara jitu. Tak hanya aspek lokasi dan legalitas, kondisi properti juga harus diperhatikan, salah satunya memenuhi ciri-ciri rumah sehat.

Pasalnya, rumah sebagai tempat tinggal sehari-hari akan menjadi pendukung kesehatan baik secara jasmani maupun psikologis atau mental. Terlebih di tengah pandemi, berbagai aktivitas lebih banyak dilakukan di dalam rumah.

Country General Manager Rumah123.com Maria Herawati Manik menjelaskan, kriteria rumah sehat harus mencakup beberapa hal, seperti syarat kesehatan dan kenyamanan. Hal ini juga sesuai standar yang ditetapkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tentang standar rumah layak huni.

“Pertama, bahan bangunan rumah harus bebas dari zat berbahaya,” ujarnya dalam sebuah diskusi daring, Rabu, 29 September 2021. Selain itu, dinding dan lantai rumah juga harus kering alias tidak lembab, serta mudah dibersihkan. 

Kemudian, lantai rumah juga bisa dibuat lebih tinggi dari halaman luar dengan ketinggian minimal 10 cm dan 25 cm dari permukaan jalan.

Syarat kedua adalah pencahayaan dan ventilasi harus baik untuk memastikan sirkulasi udara. Hal ini dianggap berpengaruh penting terhadap kesehatan. Sebagai patokan, luas bukaan jendela sendiri minimal satu per sembilan luas ruangan. Selain itu, jendela harus bisa ditembus sinar matahari.

Pencahayaan alami ini berguna untuk menghemat energi listrik selama siang hari sehingga lebih hemat energi. Kriteria lainnya adalah ramah lingkungan sehingga tidak boros menggunakan AC. Lokasi hunian juga dipastikan di area strategis dan dekat dengan ruang terbuka hijau.

Perlu diketahui, penghuni juga harus mempunyai pengaturan ruang ideal, di mana ruang tersebut mampu mengakomodasi berbagai kebutuhan. Ruangan harus diatur sebagaimana fungsinya agar dapat memberikan kenyamanan dan memudahkan aktivitas.

Namun, apabila ruangan yang ada masih terbatas, penghuni bisa menciptakan ruang terpadu yang bisa dimanfaatkan untuk mengakomodasi beberapa fungsi sekaligus.