Islandia (britannica)
Dunia

Vaksin Datang, Negara-Negara Ini Mulai Membuka Pintu Gerbangnya

  • JAKARTA-Seiring berjalannya program vaksinasi COVID-19 di seluruh dunia, sejumlah negara secara pelan dan hati-htai mulai membuka pintu gerbangnya bagi pengunjung. Sejumlah aturan mulai dikendorkan, meski di beberapa bagian tetap sangat ketat. Berikut beberapa negara yang mulai membuka kedatangan pengunjung seiring dengan program vaksinasi yang telah dilakukan sebagaimana dikutip dari Business Insider 2 April 2021. Islandia […]

Dunia
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

JAKARTA-Seiring berjalannya program vaksinasi COVID-19 di seluruh dunia, sejumlah negara secara pelan dan hati-htai mulai membuka pintu gerbangnya bagi pengunjung. Sejumlah aturan mulai dikendorkan, meski di beberapa bagian tetap sangat ketat.

Berikut beberapa negara yang mulai membuka kedatangan pengunjung seiring dengan program vaksinasi yang telah dilakukan sebagaimana dikutip dari Business Insider 2 April 2021.

Islandia

Islandia menjadi negara pertama di Uni Eropa yang terbuka untuk pelancong asal Amerika dan Inggri. Yang diperlukan untuk masuk adalah bukti vaksinasi atau kartu vaksinasi.

Perdana Menteri Islandia dalam sebuah pernyataan mengatakan kartu vaksinasi akan memungkinkan pengunjung dari mana saja di dunia untuk melewati pengujian COVID-19 dan tindakan karantina pada saat kedatangan. Namun, beberapa ahli kesehatan mengatakan adalah tindakan cerdas untuk tetap melakukan tes sebelum bepergian dan setelah tiba di tempat tujuan Anda. Vaksin yang digunakan juga harus telah disertifikasi untuk digunakan oleh European Medicines Agency, yang mencakup vaksin Pfizer, Moderna, dan Johnson & Johnson.

Polandia

Polandia menyambut pengunjung yang telah divaksinasi dari kelompok tertentu. Mereka adalah warga Polandia,  anggota keluarga mereka, pekerja penting, pelajar, serta warga dan penduduk Uni Eropa.

Menurut situs web virus korona Polandia jika Anda termasuk dalam salah satu kategori ini dan telah divaksinasi penuh, Anda dapat melewati karantina 10 hari. Jika Anda belum divaksinasi, Anda dapat membawa bukti tes virus korona negatif yang diambil dalam waktu 48 jam setelah kedatangan untuk melewati persyaratan karantina.

Namun, pengunjung yang datang tidak boleh berharap bisa melakukan perjalanan atau menjelajahi negara tersebut. Saat ini, museum, teater, pusat budaya, klub malam saat ini ditutup dan pariwisata sangat tidak disarankan.

Kepulauan Seychelles

Kepulauan Seychelles adalah salah satu tujuan pertama yang mengumumkan kedatangan wisatawan yang divaksinasi. Pada 14 Januari 2021, negara itu mengumumkan bahwa turis dari mana pun mereka  dapat memasuki negara pulau itu jika mereka memiliki bukti telah menerima vaksinasi setidaknya dua minggu sebelum kedatangan.

Hanya saja menurut Kementerian Luar Negeri dan Pariwisata Seychelles, semua pengunjung, baik yang divaksinasi atau tidak, masih harus memiliki tes PCR COVID negatif yang diambil dalam 72 jam sebelum perjalanan dan memiliki Otorisasi Perjalanan Kesehatan yang valid, menurut. Wisatawan yang tidak divaksinasi dan divaksinasi tidak perlu dikarantina.

“Namun, mereka sangat didorong untuk mendapatkan imunisasi lengkap sebelum melakukan perjalanan,” kata Kementerian Luar Negeri dan Pariwisata Seychelles. Jika keluarga akan berangkat ke Seychelles, anak-anak tidak perlu divaksinasi, tetapi mereka harus memiliki hasil tes negatif. Wisatawan diharuskan untuk mengikuti protokol kesehatan dan harus mengenakan masker dan menjaga jarak selama kunjungan mereka.

Slovenia

Slovenia mulai membuka pintu tetapi bagi pengunjung yang telah divaksinasi. Mereka tidak perlu dikarantina. Namun keperluan memasuki Slovenia adalah tujuan mendesak dan bukan untuk turis atau kunjungan keluarga yang tidak mendesak.

Pengunjung dari negara-negara dalam daftar merah Slovenia, diharuskan melakukan karantina selama 10 hari kecuali jika mereka membawa bukti vaksinasi atau tes COVID negatif. Wisatawan yang tidak ada dalam daftar, termasuk Amerika, dapat memasuki Republik Slovenia tanpa karantina rumah dan tanpa mengajukan tes negatif. Namun, pembatasan perjalanan yang tidak penting diberlakukan dan fasilitas akomodasi turis di Slovenia saat ini ditutup.

Guatemala

Pengunjung dapat masuk dan keluar Guatemala dengan bebas jika mereka memiliki paspor COVID-19 atau bukti bahwa vaksinasi mereka dilakukan minimal dua minggu sebelum kedatangan.

Untuk pengunjung yang tidak divaksinasi, mereka harus membawa tes COVID-19 negatif yang diambil 72 jam setelah kedatangan atau bukti pemulihan dari virus corona dalam tiga bulan setelah kedatangan.

Namun, orang yang mengunjungi Inggris atau Afrika Selatan 14 hari sebelum kedatangan dapat ditolak masuk atau diharuskan untuk karantina.

Ekuador

Mulai 22 Maret 2021 pengunjung yang divaksinasi tidak perlu dikarantina atau mengikuti tes sebelum atau setelah tiba di Ekuador selama mereka dapat menunjukkan sertifikat vaksin mereka dan lulus pemeriksaan gejala di bandara.

Prosedur masuk ini berlaku untuk pelancong yang dapat menunjukkan hasil negatif dari tes COVID-19 (PCR atau antigen) yang dibutuhkan hingga tiga hari sebelum kedatangan. Setiap wisatawan yang menunjukkan gejala COVID-19 pada saat kedatangan akan diminta untuk melakukan tes antigen cepat.  Jika hasil tes positif, mereka harus mengisolasi selama 10 hari dengan biaya sendiri. Jika tidak mereka bebas menjelajahi negara sambil tetap berpegang pada protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak dan membatasi pertemuan sosial hingga 10 orang. Wisatawan di bawah usia 2 tahun dibebaskan dari persyaratan.

Belize

Pada bulan Maret menjadi negara Karibia pertama yang menerima wisatawan yang divaksinasi. Wisatawan yang telah divaksinasi penuh setidaknya selama dua minggu sebelum mengunjungi Belize tidak perlu menunjukkan tes COVID-19 negatif pada saat kedatangan.

Mereka yang telah divaksinasi sebagian atau tidak divaksinasi sama sekali harus menunjukkan tes PCR COVID-19 negatif yang diambil dalam waktu 96 jam sebelum perjalanan atau tes antigen cepat negatif yang diambil paling lama 48 jam sebelum perjalanan. Jika tidak melakukan tes sebelumnya, pelancong akan diminta untuk mengikuti tes di bandara dengan biaya sekitar US$ 50. Anak-anak usia 5 tahun ke bawah dibebaskan dari persyaratan.

Semua pelancong juga harus mengunduh dan menyelesaikan aplikasi kesehatan Belize dalam waktu 72 jam setelah kedatangan. Mereka juga harus memesan akomodasi mereka di “Golden Standard Hotel” Belize, yang merupakan hotel yang telah menerapkan prosedur keamanan COVID-19. Ini adalah bagian dari Program Tourism Gold Standard negara tersebut yang mengarahkan wisatawan ke hotel, restoran, operator tur dan bisnis yang aman COVID.

Estonia

Estonia saat ini terbuka untuk pariwisata dari Uni Eropa, European Economic Area, dan Wilayah Schengen, serta enam negara lain di seluruh dunia, tidak termasuk Amerika Serikat. Pengunjung dari daftar negara yang disetujui dan telah divaksinasi dalam enam bulan sebelum kedatangan dapat melewati persyaratan karantina dan pengujian wajib 10 hari Hanya saja Estonia hanya mengakui sertifikat vaksin yang diproduksi dalam bahasa Inggris, Rusia, atau Estonia.

Pengunjung yang sembuh dari COVID-19 dalam enam bulan terakhir, dan menunjukkan catatan dokter yang menunjukkan bahwa mereka bebas COVID-19, juga dapat melewati karantina wajib.

Semua pelancong lain harus menunjukkan tes PCR COVID-19 negatif dan tunduk pada karantina wajib 10 hari. Pengunjung dari negara-negara UE, EEA, dan Wilayah Schengen yang dianggap “berisiko rendah” diizinkan untuk melewati persyaratan karantina , dan pelancong yang menerima dua tes PCR negatif dalam waktu enam hari satu sama lain mungkin dapat mempersingkat karantina mereka.

Georgia

Wisatawan yang divaksinasi penuh dari semua negara diizinkan untuk mengunjungi Georgia dan melewati persyaratan pengujian COVID-19 per 1 Februari 2021.

Negara tersebut saat ini memiliki persyaratan pengujian untuk pelancong yang tidak divaksinasi dari negara-negara tertentu yang dianggap berisiko tinggi termasuk Amerika. Wisatawan dari negara-negara ini harus menunjukkan tes PCR COVID-19 negatif yang diambil 72 jam sebelum perjalanan, mengisi kolom kesehatan formulir pernyataan sebelum kedatangan, kemudian melakukan tes PCR lagi tiga hari setelah perjalanan mereka.

Setiap wisatawan yang belum divaksinasi dan telah melakukan perjalanan ke Inggris dalam dua minggu setelah kedatangan akan dikenakan karantina 12 hari.

Yunani

Pada 9 Maret 2021 Menteri Pariwisata Yunani Harry Theocharis mengumumkan bahwa pelancong yang divaksinasi akan dapat mengunjungi negara Eropa tersebut pada musim panas ini. Mereka yang tidak divaksinasi akan diminta untuk membawa tes COVID negatif atau menunjukkan bukti antibodi.