Orang-orang berjalan melewati papan tanda yang menggambarkan peta bersejarah Palestina
Dunia

Vaksin Polio Anak-Anak Gaza Dilakukan di Tengah Serangan

  • PBB mengumumkan bahwa vaksinasi polio akan dilakukan kepada lebih dari 600.000 anak Jalur Gaza.

Dunia

Ilyas Maulana Firdaus

JAKARTA Kelompok Pekerjaan dan Pemulihan Persatuan Bangsa-Bangsa yang mengurusi Palestina ((UNRWA), melaporkan kegiatan vaksin polio dosis pertama telah diberikan untuk 87.000 anak-anak di Jalur Gaza. 

PBB mengumumkan bahwa vaksinasi polio akan dilakukan kepada lebih dari 600.000 anak Jalur Gaza. Angka angka fantastis yang menunjukkan Gaza telah menjadi daerah wabah polio akibat perang yang kunjung usai.

Israel hanya memberikan waktu jeda 8 jam setiap harinya untuk pemberian vaksin, Wakil Menteri Kesehatan Gaza Yousef Abu al-Reesh mengatakan bahwa tim vaksin akan melakukan vaksinasi dengan jangkauan daerah yang luas. 

World Health Organization (WHO) mencatat setidaknya sekitar 90% anak-anak di Palestina perlu mendapatkan vaksin dua kali dalam rentang waktu tertentu, agar dapat mencapai keberhasilan kampanye vaksin polio.

UNRWA melalui akun X  Senin 2 September 2024 mengatakan upaya untuk terus memberikan vaksin yang sangat penting untuk anak-anak, namun yang paling mereka butuhkan adalah gencatan senjata sekarang.”

Dilansir dari Al-Jazeera kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini, bertujuan untuk menjangkau sebanyak 640,000  anak-anak berumur sepuluh tahun ke bawah yang berada di Jalur Gaza. 

Sementara itu serangan militer Israel terus berlanjut. Juru bicara Pertahanan Sipil Palestina mengatakan bahwa korban jatuh setelah Israel menjatuhkan bom pada kendaraan di depan klinik Remal.

Militer Israel juga terus melakukan serangan di Jalur Gaza yang mengakibatkan 11 orang meninggal dunia.