Nampak siswa  saat melakukan vaksinasi di Sekolah Dasar Negeri (SD) Darusalam Kelurahan Batusari Kecamatan Batuceper Kota Tangerang,Senin 18 Oktober 2021. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Gaya Hidup

Vaksinasi COVID-19 untuk Anak Dimulai 2022, Ketahui Efek Sampingnya

  • Vaksinasi Anak di Indonesia akan mulai dilaksanakan pada tahun 2022. Ketahui efek samping yang ditimbulkan vaksin untuk anak
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Vaksinasi Anak di Indonesia akan mulai dilaksanakan pada tahun 2022 di kabupaten atau kota yang telah mencapai target dosis 1 lebih dari 70% total sasaran dan lebih dari 60% populasi lanjut usia (lansia).

Hal ini dilakukan menyusul izin penggunaan darurat vaksin COVID-19 Sinovac untuk anak-anak yang berusia 6 sampai 11 tahun dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Seperti yang dilansir dari postingan akun Instagram @lawancovid19_id, pada tahun 2022 direncanakan pengadaan baru untuk memenuhi kebutuhan 8,7 juta total dosis vaksin untuk melakukan vaksinasi pada 26,4 juta anak usia 6-11 tahun.

Seperti yang telah diketahui, sebelum disetujui untuk digunakan pada banyak orang, vaksin telah menjalani tes keamanan yang sangat ketat. Namun, tidak ada obat yang dijamin bebas dari efek samping.

Lalu, apa saja efek samping yang mungkin dihadapi oleh anak-anak yang menerima vaksin COVID-19? Simak penjelasan berikut ini.

Seperti yang dilansir dari laman Medical News Today, The European Medicines Agency mengumumkan bahwa mereka akan mulai menyelidiki keamanan vaksin dalam kelompok usia pada 18 Oktober 2021. Sebagian besar negara yang menawarkan vaksinasi kepada mereka yang berusia di atas 12 tahun menawarkan vaksin Pfizer atau Moderna. Dosis tunggal vaksin Pfizer tersedia untuk mereka yang berusia di atas 12 tahun di Inggris, di mana vaksin Moderna juga memiliki persetujuan untuk kelompok usia ini.

Pfizer memiliki rencana untuk menguji coba vaksin pada anak usia 6 bulan hingga 5 tahun, dan Moderna memiliki uji coba berkelanjutan untuk menguji keamanan dan kemanjuran vaksin pada anak di bawah 12 tahun.

Novavax akan memulai penelitian terhadap 3.000 remaja berusia 12-17 tahun di 75 lokasi di Amerika Serikat. Johnson & Johnson telah mendaftarkan anak-anak semuda 12 tahun ke dalam uji coba yang ada, dan AstraZeneca berencana melakukan uji coba vaksinnya pada anak-anak semuda 6 tahun.

Vaksin dengan bukti paling banyak mendukung penggunaannya sejauh ini adalah vaksin mRNA Pfizer. Namun, dosis vaksin yang diberikan kepada anak di atas usia 12 tahun dan di bawah usia 12 tahun berbeda. Pfizer merilis data dari uji coba fase 2 dan 3 pada akhir September 2021. Data menunjukkan bahwa vaksin tersebut aman untuk anak-anak berusia 5-11 tahun.

Dosis Vaksin

Anak-anak di bawah usia 12 tahun akan diberikan 10 mikrogram (mcg) vaksin. Sedangkan anak-anak berusia di atas usia 12 tahun dan orang dewasa diberikan 30 mcg vaksin, yang merupakan jumlah yang diberikan kepada anak-anak di atas usia 12 tahun dan orang dewasa. Para ahli berharap bahwa dosis yang lebih rendah ini dapat menghasilkan lebih sedikit efek samping, seperti yang seharusnya terjadi pada dosis yang lebih rendah.

Wakil presiden senior Penelitian dan Pengembangan Klinis Vaksin Pfizer, Dr. Bill Gruber, menguraikan data perusahaan obat dari uji coba fase 2 dan 3 pada Pertemuan Komite Penasihat Vaksin dan Produk Biologi Terkait FDA pada 26 Oktober 2021.

Dia mengungkapkan bahwa ada sangat sedikit efek samping yang serius dan tidak ada kematian selama uji coba fase 2 dan 3 pada anak-anak berusia 5-12 tahun. Dia juga menjelaskan bahwa efek sampingnya mirip dengan yang dialami orang dewasa.

Efek samping yang paling umum pada anak-anak setelah dosis kedua vaksin, yaitu kelelahan dan sakit kepala. Hanya 6,5% dari anak-anak berusia 5-12 tahun yang mengalami demam setelah vaksinasi, dibandingkan dengan 17,2% dari mereka yang berusia di atas 12 tahun. Selain itu, hanya 9,8% dari mereka yang berusia 5-12 tahun mengalami menggigil, dibandingkan dengan 40% dari mereka yang berusia di atas 12 tahun.

Sebagian besar kekhawatiran yang disuarakan mengenai efek samping dari vaksin COVID-19 adalah tentang risiko yang mungkin ditimbulkan pada anak-anak yang sehat. Sementara itu, anak-anak yang memiliki beberapa kondisi kesehatan sebelumnya yang membuat mereka rentan terhadap COVID-19 akan mendapatkan banyak manfaat dari vaksinasi. Menurut studi yang muncul dalam jurnal Archives of Disease in Childhood, diketahui tidak ditemukan efek samping yang menimbulkan masalah pada kelompok yang terdapat 20 remaja berusia 12 sampai 15 tahun dengan kondisi neurologis.