Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kita Tangerang tengah memeriksa sejumlah sapi di Peternakan Mandalawangi, Kelurahan Gembor Kecamatan Periuk Kota Tangerang. Selain pemeriksaan DKP juga memberikan Obat dan Himbauan kepada peternak. Jumat 13 Mei 2022. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Nasional

Vaksinasi Nasional PMK pada Ternak Digelar Perdana Hari Ini

  • Kementerian Pertanian akan melakukan vaksinasi ternak mulai hari ini untuk mencehah wabah PMK
Nasional
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA- Kementerian Pertanian (Kementan) akan melakukan vaksinasi ternak mulai hari ini Selasa, 14 Juni 2022 dalam upaya menanggulangi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan Kuntoro Boga Adri mengatakan, upaya ini akan dilakukan sesuai dengan peta sebaran penyakit PMK di Indonesia. Kementan juga telah mendatangkan 3 juta vaksin darurat untuk ternak.

"Vaksinasi secara perdana nasional direncanakan akan dimulai Selasa, 14 Juni 2022 sesuai dengan peta sebaran PMK," ucap Kuntoro Boga Adri dalam Konferensi Pers Online Update Perkembangan Penanganan PMK di Indonesia 13 Juni 2022.

Kuntoro menambahkan vaksinasi rencananya akan berkerja sama dengan posko-posko tanggap darurat di daerah. Dengan mengutamakan hewan ternak sehat, beresiko tinggi tertular yang berada di sumber pembibitan ternak.

Selain itu fokus vaksinasi juga menyasar hewan di peternakan sapi perah milik rakyat dan koperasi susu, serta peternakan sapi potong.

Vaksinasi ternak salah satu upaya pemerintah dalam mengatasi wabah PMK agar tidak semakin merebak luas. Selain vaksinasi Kementan juga membentuk gugus tugas penanganan PMK pusat nasional, provisi hingga kabupaten.

Lalu melakukan penataan lalu lintas hewan rentan, produk hewan dan media pembawa penyakit lainnya di daerah wabah PMK. Upaya lain yaitu mengeluarkan prosedur pelaksanaan kurban dan pemotongan hewan menjelang iduladha serta memberikan peringatan kewaspadaan PMK kepada para peternak di Indonesia.