Vale
Energi

Vale Indonesia Rombak Pengurus, Anak Buah Luhut Jadi Presiden Komisaris

  • PT Vale Indonesia Tbk (INCO) memutuskan untuk melakukan perubahan susunan dewan komisaris dan dewan direksi dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Jakarta.
Energi
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - PT Vale Indonesia Tbk (INCO) memutuskan untuk melakukan perubahan susunan dewan komisaris dan dewan direksi dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Jakarta.

Direktur Utama Vale Indonesia, Febriany Eddy, mengatakan eksekusi divestasi saham akan melalui dua proses, yaitu primary dan secondary, yang rencananya akan rampung di Juni 2024. Adapun RUPST Vale menyusul proses divestasi saham sebesar 14% kepada MIND ID yang masih berlangsung.

"Closing dari transaksi kita harapkan bisa tuntas semua di Juni ini, setelah closing divestasi ini maka efektif komposisi direksi yang baru," katanya saat konferensi pers RUPST Vale Indonesia, Senin 10 Mei 2024.

Febriany mengatakan, saat ini perusahaan memiliki total 7 Dewan Direksi. Pertama, President Director masih dipegang oleh Febriany Eddy, kemudian Vice President Director sekaligus Chief Operation and Infrastructure Officer yaitu Abu Ashar.

Kemudian Bernardus Irmanto digeser menjadi Chief Sustainability and Corporate Affairs Officer dan Adriansyah Chaniago menjadi Chief Human Capital Officer. Lalu Luke Mahony menjadi Chief Corporate Strategy and Technical Officer.

Selanjutnya, Rizky Andhika Putra sebagai Chief Financial Officer, dan terakhir Muhammad Asril yang menjabat sebagai Chief Project Officer.

Tak hanya merombak jajaran Dewan Komisaris. Vale juga mengangkat Muhammad Rachmat Kaimuddin menjadi Presiden Komisaris, setelah sebelumnya menduduki posisi Wakil Presiden Komisaris. Kemudian Edi Permadi diangkat menjadi Komisaris.

Adapun saat ini Rachmat Kaimuddin merupakan Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi.

Berikut, perubahan anggota dewan komisaris untuk periode selesainya transaksi divestasi sampai dengan RUPST 2027 :

Presiden Komisaris : Muhammad Rachmat Kaimuddin
Wakil Presiden Komisaris : Emily Olson
Komisaris : Fabio Ferraz
Komisaris : Kristina Litzinger
Komisaris : M. Jasman Panjaitan
Komisaris : Edi Permadi
Komisaris : Yusuke Niwa
Komisaris Independen : Rudiantara
Komisaris Independen : Raden Sukhyar
Komisaris Independen : Marita Alisjahban

Direksi

Presiden Direktur & Chief Executive Officer : Febriany Eddy
Wakil Presiden Direktur & Chief Operation and Infrastructure Officer : Abu Ashar
Direktur & Chief Human Capital Officer : Adriansyah Chaniago
Direktur & Chief Sustainability and Corporate Affairs Officer : Bernardus Irmanto
Direktur Independen & Chief Financial Officer : Rizky Andhika Putra
Direktur Independen & Chief Project Officer : Muhammad Asril
Direktur Independen & Chief Strategy and Technical Officer : Luke Mahoney