PT Venteny Fortuna International Tbk (VTNY) buka anak perusahaan di Jepang.
Korporasi

Venteny (VTNY) Buka Anak Perusahaan di Jepang karena Suku Bunga Pinjaman yang Lebih Rendah

  • Dengan pembukaan ini, Venteny kini tercatat sudah hadir di empat negara, yakni Singapura, Filipina, Indonesia, dan Jepang.
Korporasi
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - PT Venteny Fortuna International Tbk (VTNY), start up asal Filipina yang baru saja melaksanakan initial public offering (IPO) akhir tahun lalu, membuka anak perusahaan di Jepang karena suku bunga pinjaman yang rendah.

Dengan pembukaan anak perusahaan ini, Venteny kini tercatat sudah hadir di empat negara, yakni Singapura, Filipina, Indonesia, dan Jepang.

Anak perusahaan dengan nama Venteny G.K. tersebut didirikan di negeri Matahari Terbit sebagai upaya perluasan jangkauan pasar seperti yang disampaikan oleh perseroan saat baru saja IPO.

Pendirian anak perusahaan di Jepang ini diharapkan dapat memperluas layanan keuangan berbasis business-to-business (B2B) dari Venteny yang fokus kepada segmen Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Di sana, Venteny berharap dapat ikut mengatasi langsung tantangan-tantangan yang dihadapi UMKM terkait akses terhadap modal yang tidak bisa sepenuhnya dilayani oleh jasa keuangan tradisional.

Selain itu, dibukanya Venteny G.K. di Jepang pun merupakan langkah perseroan untuk mengamankan sumber pendanaan dengan biaya yang lebih rendah. Pasalnya, Jepang sendiri adalah salah satu negara di dunia dengan suku bunga pinjaman terendah.

Perseroan berharap dapat mengoptimallkan jaringan yang saat ini sudah dimiliki dan memperluas kemitraan dengan sejumlah institusi keuangan asal Jepang.

Founder dan Group CEO Venteny Jun Waide mengatakan bahwa biaya pendanaan yang lebih rendah akan memungkinkan Venteny untuk mencapai pertumbuhan yang berkesinambungan serta memperluas jangkauan wilayah layanannya ke lebih banyak negara lainnya di Asia Tenggara.

"Sejalan dengan visi Venteny, yaitu untuk menciptakan online platform yang menyediakan berbagai layanan untuk mengakomodasi kebutuhan perusahaan sekaligus memberikan dampak positif bagi kehidupan masyarakat dunia, kami akan terus berinovasi dan bergerak cepat untuk menyediakan solusi keuangan," kata Waide dikutip dari keterangan resmi yang diterima TrenAsia, Senin, 6 Maret 2023.

Untuk diketahui, Venteny adalah perusahaan yang mengambangkan platform yang terdiri dari empat pilar utama, yaitu financial technology, education technology, insurance technology, dan lifestyle technology.

Melalui platform tersebut, menciptakan sebuah ekosistem yang diproyeksikan untuk memberikan kontribusi dalam memberi kesempatan yang lebih luas bagi UMKM untuk berkembang serta memberikan nilai tambah bagi karyawan.

Ekosistem ini pun ditujukan untuk mempercepat tumbuh kembangnya bisnis UMKM yang berada di wilayah Asia Tenggara.