Asisten Virtual “Veronika” Terbaru Milik Telkomsel, Kini Mengintegrasikan Microsoft Azure OpenAI Service
BUMN

Veronika Telkomsel akan Menggunakan AI

  • Integrasi ini memungkinkan Telkomsel untuk memanfaatkan ChatGPT dan teknologi NLP serta machine learning.

BUMN

Bintang Surya Laksana

JAKARTA - Telkomsel telah meningkatkan kemampuan asisten virtualnya, "Veronika," dengan mengintegrasikan ke layanan Microsoft Azure OpenAI. Integrasi ini memungkinkan Telkomsel untuk memanfaatkan ChatGPT dan teknologi Natural Language Processing (NLP) serta machine learning. Dengan peningkatan ini, Veronika sekarang memiliki kemampuan yang lebih baik yang akan menghadirkan pengalaman interaksi yang lebih alami dan intuitif bagi pelanggan. 

Dengan teknologi machine learning, Veronika dapat lebih memahami kebutuhan produk dan layanan untuk pelanggan Telkomsel. Dengan begitu, Veronika dapat memberikan solusi yang lebih tepat sesuai dengan profil kebutuhan dan penggunaan mereka.

Dengan teknologi canggih tersebut, Veronika kini dapat memberikan rekomendasi paket produk yang cocok dengan kebutuhan pelanggan, memberikan pengetahuan produk, dan menangani pertanyaan pelanggan lebih cepat dan lebih akurat. 

Melalui integrasi Azure OpenAI Service, Veronika akan terus berinovasi dan melakukan perbaikan sesuai perkembangan teknologi. Peningkatan tersebut juga sesuai dengan komitmen Telkomsel untuk terus meningkatkan layanan chatbot mereka. Hal itu bertujuan agar Veronika bisa menjadi asisten virtual terbaik, solutif, dan sangat memahami kebutuhan pelanggan di masa mendatang. 

Country Lead Azure GTM, Microsoft ASEAN, Fiki Setiyono dalam keterangan resmi pada 26 September 2023 menyebutkan pengintegrasian Azure OpenAI Service dengan chatbot Veronika tersebut juga disebut akan meningkatkan produktivitas petugas customer care dan kepuasan pelanggan.

“Integrasi Telkomsel dengan Azure OpenAI Service menghadirkan respons yang lebih baik dan kontekstual kepada pelanggan. Hal ini juga memungkinkan petugas customer care untuk lebih fokus pada pertanyaan yang memerlukan penanganan solusi,” ujar Fiki.

Vice President Customer Journey and Digital Experience Telkomsel, Danang Andrianto menyebutkan chatbot Veronika berkomitmen untuk memudahkan pelanggan dalam memenuhi berbagai kebutuhan informasi dan melakukan transaksi produk serta layanan Telkomsel sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2017. 

Telkomsel terus mengembangkan fitur tersebut dengan kini memanfaatkan keunggulan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI). Saat ini, dengan memanfaatkan model ChatGPT melalui Azure OpenAI Service, Veronika terus berinovasi dengan mengintegrasikan teknologi AI yang bertujuan untuk memberikan solusi yang semakin akurat kepada pelanggan serta menciptakan pola interaksi yang lebih alami dan ekspresif.

“Dengan dukungan dari teknologi terkini Microsoft Azure OpenAI Service, Veronika dapat mengenali berbagai kata kunci, frasa, dan bahasa sehari-hari yang semakin lebih dipahami oleh pelanggan,” tambah Danang. 

Veronika juga mampu mengidentifikasi pola serta tren terkini, sehingga dapat memprediksi kebutuhan pelanggan berdasarkan pola-pola pencarian pelanggan untuk membuat rekomendasi. 

“Melalui pemutakhiran ini, kami berharap pengalaman pelanggan ketika berinteraksi dengan chatbot Veronika menjadi lebih natural, personal, dan sesuai dengan kebutuhan serta preferensi unik setiap pelanggan,” tutup Danang.