Hyundai KONA  Electric pada pameran Otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Serpong, Tangerang. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Nasional

Vietnam Bakal Punya Pabrik Mobil Listrik di Amerika, Pemerintah Kepincut Ajak Kolaborasi

  • Produsen mobil Vietnam VinFast berencana untuk membangun pabrik di North Carolina, Amerika Serikat
Nasional
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mendorong produsen kendaraan listrik Indonesia untuk melakukan kolaborasi dengan produsen Vietnam.

Alasannya, Vietnam merupakan negara di kawasan Asia Tenggara yang industri mobil listriknya sudah mumpuni. Bahkan, produsen mobil Vietnam VinFast berencana untuk membangun pabrik di North Carolina, Amerika Serikat.

“Lebih lanjut, saya mengundang Vietnam untuk berkolaborasi dengan Indonesia untuk mengembangkan ekosistem kendaraan listrik baik di dalam negeri dan di kawasan Asia Tenggara,” kata Moeldoko dalam  pertemuannya dengan Duta Besar Vietnam untuk Indonesia Ta Van Thong di Jakarta pada Selasa 12 Juli 2022.

Lebih lanjut, produsen mobil Vietnam VinFast berencana untuk membuat bus listrik, kendaraan sport (SUV) bersama dengan baterai untuk kendaraan listrik di Amerika Serikat.

Sementara itu, Indonesia sendiri telah melakukan persiapan menuju era mobil listrik. Hal ini dibuktikan dengan adanya Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

Langkah ini di dukung langsung oleh Duta Besar Vietnam Ta Van Thong, pihaknya menyatakan kesiapannya dalam menjebatani cepatnya proses pengembangan kendaraan listrik antar dua negara.

“Saya akan berupaya menjembatani produsen asal Indonesia untuk bekerja sama dengan Vietnam dalam mengembangkan kendaraan listrik,” tandas Duta Besar Ta Van Thong dalam kesempatan yang sama.