Nasional

Viral Box Girder Cuma Setinggi Mobil di Bekasi, Ternyata Proyek Kereta Cepat

  • Jembatan girder box milik proyek Kereta Cepat Jakarta - Bandung (KCJB) dibangun hanya setinggi mobil di atas Jembatan Antilope, Bekasi.
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - Viral jembatan girder box milik proyek Kereta Cepat Jakarta - Bandung (KCJB) dibangun hanya setinggi mobil. Pasalnya pemasangan jembatan tersebut hampir menyentuh lantai jembatan Antilope, Bekasi.

Direktur Jalan Bebas Hambatan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Budi Harimawan S mengatakan, konstruksi tersebut milik PT Kereta Cepet Indonesia Cina (KCIC). Lokasinya berada di sekitar Jalan Tol Jakarta - Cikampek (Japek) km 5-6.

"Sedangkan lokasi jembatan antilope berada di Bekasi, di atas merupakan girder KCJB jadi lalu lintas di bawah tetap berjalan dengan pembatasan ketinggian 1,7 meter (m)," kata Budi dalam keterangan tertulis, Selasa, 14 Juni 2022.

Ia menambahkan bahwa selama proses pembangunan overpass yang baru, warga sekitar meminta jalur di bawah kontruksi box grider yang masih dibangun agar tetap bisa digunakan.

"Overpass tersebut menurut infonya disepakati dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi akan ditutup dan diganti lokasi yang baru (sedang dibangun)," katanya. 

Sebelumnya telah beredar video mengenai jembatan box girder yang hanya bisa dilewati kendaraan motor dan beberapa jenis mobil. Beberapa pengendara motor juga terlihat harus menundukkan kepala untuk menghindar saat lewat di bawah box girder.