<p>Pekerja menata stok beras di Gudang Bulog Kanwil DKI dan Banten, Kelapa Gading, Jakarta, Kamis, 18 Maret 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Nasional

Viral Buruh Mandi Beras, Bulog Beri Tindakan Tegas

  • Sebelumnya, viral video di media sosial yang memperlihatkan seorang buruh pekerja lepas tengah berbaring sembari mandi di hamparan beras. Video berdurasi 15 detik juga memperlihatkan seorang lainnya menuangkan beras ke arah pria yang berbaring tersebut.
Nasional
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - Perum Bulog memberikan tindakan tegas terhadap buruh yang mempermainkan beras dengan menggunakannya untuk “mandi” di gudang Banjar Kemantren 2. Terkait kejadian tersebut, manajemen Bulog langsung bergerak cepat menindak tegas pihak-pihak yang terlibat. Tindakan tegas itu berupa pemberhentian kerja hingga pemberian Surat Peringatan (SP).

“Mengenai oknum buruh dalam video yang sedang banyak beredar tersebut merupakan tenaga harian lepas di gudang bukan karyawan Bulog. Per hari ini buruh tersebut sudah tidak dipekerjakan lagi di gudang,” kata Manajer Humas dan Kelembagaan Bulog, Tomi Wijaya dalam keterangan tertulisnya, Rabu 27 Desember 2023.

Tidak hanya oknum buruh yang videonya sempat viral di media sosial, Kepala Gudang Banjar Kemantren 2 juga mendapatkan tindakan dari Bulog dengan pemberian Surat Peringatan (SP) dan dimutasi. Tomi menuturkan, tindakan tersebut diberikan sebab Kepala gudang merupakan penanggungjawab kegiatan di area tersebut.

Bulog melakukan tindakan tegas sebab perusahaan itu sangat fokus dan berkomitmen memberikan pelayanan dan kualitas produk terbaik untuk masyarakat. Pada kesempatan yang sama, Tomi juga menyesalkan insiden yang terjadi di video tersebut. 

Dirinya menuturkan sebagian kecil beras-beras impor yang karungnya sobek hasil pengangkutan dari kapal ke gudang yang seharusnya diangkut oleh buruh ke mesin Rice to Rice (RtR) malah dipermainkan oleh oknum buruh.

Tomi memaparkan sudah jutaan ton beras impor tahun ini yang diangkut dari Kapal menuju ke gudang-gudang Bulog. “Artinya, ada puluhan juta karung yang diangkut dan hanya beberapa karung saja yang mengalami sobek dan bocor sehingga perlu dikumpulkan untuk diangkut kembali ke mesin pengolahan RtR” paparnya.

Untuk menjaga proses dan kualitas beras, Tomi menuturkan bahwa Bulog telah memiliki standarisasi mutu dan quality control. “Atas kejadian ini, Manajemen Bulog akan meningkatkan pengawasan di gudang guna mencegah perbuatan-perbuatan yang tidak sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan,” tutupnya.

Sebelumnya, viral video di media sosial yang memperlihatkan seorang buruh pekerja lepas tengah berbaring sembari mandi di hamparan beras. Video berdurasi 15 detik juga memperlihatkan seorang lainnya menuangkan beras ke arah pria yang berbaring tersebut. Hal tersebut menimbulkan reaksi dari masyarakat yang menganggap hal tersebut jorok dan tidak sepantasnya.