The Last of Us.jpg
Tekno

Viral Gegara The Last Of Us, Ini Kata Ilmuwan Tentang Kemungkinan Pandemi Jamur

  • ahli mikologi Universitas Manchester yang meneliti tentang infeksi jamur Norman Van Rhijn, mengatakan bahwa infeksi jamur kemungkinan bisa terjadi pada manusia
Tekno
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

WASHINGTON - Serial HBO Max baru "The Last of Us" menggambarkan kiamat zombie. Tak seperti film Zombie pada umumnya di mana penularan disebabkan lantaran virus, fenomena Zombie pada film ini disebabkan oleh pandemi jamur.

Skenario baru, yang pertama kali diwujudkan dalam video game yang menjadi dasar pembuatan film tersebut kemudian membuat sejumlah penonton skeptis. Apakah pandemi jamur yang menyebabkan manusia berubah menjadi Zombie dapat terjadi dalam kehidupan nyata.

Menanggapi hal tersebut, ahli mikologi Universitas Manchester yang meneliti tentang infeksi jamur Norman Van Rhijn, mengatakan bahwa infeksi jamur kemungkinan bisa terjadi pada manusia. Lebih parahnya lagi, jumlah infeksi jamur pada manusia semakin bertambah tiap tahunnya.  

"Infeksi jamur terus meningkat di seluruh dunia , dan para peneliti khawatir semakin banyak orang yang berisiko," kata Norman sebagaimana dikutip Insider Senin 30 Januari 2023.

Namun, ia menambahkan bahwa infeksi jamur yang terjadi pada manusia dan menyebabkannya berubah menjadi zombie belumlah ditemukan.

Meski belum ada kasus, Kepala cabang penyakit jamur dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, Tom Chiller khawatir jika suatu saat muncul super patogen dari jenis jamur yang membuatnya lebih rumit untuk diobati.

 "Saya tidak akan terkejut bahwa lebih banyak jamur muncul sebagai patogen manusia, yang menjadi lebih menantang untuk diobati dan lebih menular," ujar Tom.