<p>Pengunjung melihat produk kerajinan pernak pernik di stan UMKM pada pameran In Store Promotion Kementerian Perdagangan di Atrium Mal Kota Kasablanka, Jakarta, Rabu, 18 November 2020. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Nasional & Dunia

Virtual, Omzet Penjualan Pameran Karya Kreatif BI 2020 Meroket 31 Persen Tembus Rp16,51 Miliar

  • JAKARTA – Bank Indonesia (BI) mencatat total omzet penjualan dari Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2020 mencapai Rp16,51 miliar. Pameran yang digelar dalam tiga seri tersebut dilakukan secara virtual, sejak 28 Agustus hingga 22 November 2020. Agendanya memamerkan produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), terdiri dari kain dan pakaian, kerajinan, serta makanan dan minuman. […]

Nasional & Dunia
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

JAKARTA – Bank Indonesia (BI) mencatat total omzet penjualan dari Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2020 mencapai Rp16,51 miliar.

Pameran yang digelar dalam tiga seri tersebut dilakukan secara virtual, sejak 28 Agustus hingga 22 November 2020. Agendanya memamerkan produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), terdiri dari kain dan pakaian, kerajinan, serta makanan dan minuman.

Direktur Eksekutif BI Onny Widjanarko mengatakan, angka transaksi ini meningkat sebesar 31% dibandingkan dengan tahun lalu.

Selain itu, BI juga mencatat kenaikan nilai kesepakatan bisnis, meliputi ekspor, pemasaran ecommerce, dan pembiayaan sebesar 54%.

“Nilai kesepakatan bisnis mencapai Rp113,2 miliar dari 328 UMKM yang bekerja sama dengan lembaga keuangan,” kata Onny dalam keterangan tertulis, Selasa, 24 November 2020.

Sementara itu, one on one meeting mencatat kesepakatan ekspor sebesar Rp7,52 miliar dari 31 UMKM. Selanjutnya komitmen pembiayaan sebesar Rp11,48 miliar, berasal dari 43 UMKM yang bekerja sama dengan bank dan Permodalan Nasional Madani (PNM).

Onny menambahkan, dalam agenda tersebut pihaknya telah memasang QRIS pada 1948 UMKM melalui 60 pasar seni. Selain itu, beberapa webinar dan onboarding  diselenggarakan di 46 kantor perwakilan BI, dan dihadiri oleh 70.000 peserta UMKM.

Ia berharap, pameran ini mampu mendorong transformasi digital UMKM untuk membangun perekonomian nasional Indonesia.

KKI sendiri merupakan rangkaian event tahunan yang menampilkan produk-produk UMKM binaan BI. Masyarakat yang ingin melihat pameran tersebut dapat mengunjungi situs KKI di www.karyakreatifindonesia.co.id.

“Ke depan, BI akan selalu berkomitmen untuk mengembangkan UMKM melalui sinergi dengan berbagai kementerian dan lembaga,” tutur Onny. (SKO)