<p>mata uang kripto ethereum / pixabay.com</p>

Visa Akan Izinkan Penyelesaian Pembayaran dengan Cryptocurrency

  • JAKARTA – Visa Inc berencana membolehkan penggunaan cryptocurrency USD Coin untuk menyelesaikan transaksi di jaringan pembayarannya. Visa Inc. menyatakan hal tersebut pada Senin, 29 Maret 2021, dikutip dari Reuters. Pernyataan Visa ini menjadi sinyal terbaru bagi industri keuangan arus utama atas penerimaan mata uang digital. USD Coin (USDC) adalah mata uang kripto stablecoin yang nilainya […]

Gloria Natalia Dolorosa

Gloria Natalia Dolorosa

Author

JAKARTA – Visa Inc berencana membolehkan penggunaan cryptocurrency USD Coin untuk menyelesaikan transaksi di jaringan pembayarannya.

Visa Inc. menyatakan hal tersebut pada Senin, 29 Maret 2021, dikutip dari Reuters. Pernyataan Visa ini menjadi sinyal terbaru bagi industri keuangan arus utama atas penerimaan mata uang digital.

USD Coin (USDC) adalah mata uang kripto stablecoin yang nilainya dipatok langsung ke dolar AS.

Langkah tersebut dilakukan Visa karena perusahaan keuangan besar seperti BNY Mellon, BlackRock Inc, dan Mastercard Inc telah menggunakan beberapa koin digital. Aksi mereka memicu prediksi bahwa cryptocurrency akan menjadi bagian reguler dari portofolio investasi.

Pekan lalu, bos Tesla Inc, Elon Musk, mengatakan bahwa pelanggan dapat membeli kendaraan listriknya dengan bitcoin. Hal itu menandai langkah maju yang signifikan atas penggunaan cryptocurrency dalam perdagangan.

“Kami melihat peningkatan permintaan dari konsumen di dunia untuk dapat mengakses, menyimpan, dan menggunakan mata uang digital. Kami melihat permintaan dari klien kami untuk dapat membangun produk yang menyediakan akses tersebut bagi konsumen,” kata Head of Crypto Visa, Cuy Sheffield.

Secara tradisional, jika pelanggan memilih untuk menggunakan kartu Visa Crypto.com untuk membayar kopi, mata uang digital yang disimpan di dompet cryptocurrency perlu diubah menjadi uang tradisional.

Dompet cryptocurrency akan menyimpan mata uang fiat tradisional di rekening bank, untuk ditransfer ke Visa di pengujung hari guna menyelesaikan transaksi apa pun. Layanan ini menambah biaya dan kompleksitas bagi bisnis.

Langkah terbaru Visa yang akan menggunakan ethereum blockchain itu menghapus kebutuhan untuk mengubah koin digital menjadi uang tradisional untuk penyelesaian transaksi.

Visa mengatakan telah bermitra dengan bank aset digital Anchorage dan menyelesaikan transaksi pertama bulan ini. Dalam transaksi itu, Crypto.com mengirimkan USDC ke alamat Ethereum Visa di Anchorage.