Kedatangan vaksin COVID-19 Moderna, di Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (11/07/2021) siang.
Industri

Volume Angkutan Kargo Bandara AP II Melonjak 30 Persen Selama Pandemi 2021

  • PT Angkasa Pura II (Persero) mencatat volume angkutan kargo di bandara miliknya mengalami kenakan signifikan selama pandemi.
Industri
Laila Ramdhini

Laila Ramdhini

Author

JAKARTA - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II mencatat volume angkutan kargo di bandara miliknya mengalami kenakan signifikan selama pandemi.

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengungkapkan total volume angkutan kargo di seluruh bandara AP II pada semester I-2020 mencapai 353.819 ton. Angka ini melonjak 30,24% dibandingkan dengan semester I-2020.

"AP II terus menjaga kinerja angkutan kargo di tengah pandemi COVID-19," ujar Awaludin, dalam keterangan resmi, Minggu, 18 Juli 2021.

Awaluddin menjelaskan peningkatan volume kargo di bandara AP II karena kenaikan pengiriman barang yang salah satunya didorong oleh aktivitas e-commerce.

Untuk itu, AP II juga terus memastikan kelancaran penanganan kargo di seluruh bandara yang dikelola perusahaan.

"Koordinasi erat dilakukan dengan Kementerian Perhubungan, Otoritas Bandara, dan juga maskapai mengenai kapasitas angkut termasuk menggunakan pesawat kargo (freighter) dan layanan di area kargo atau terminal kargo,” jelasnya.

Angkutan Kargo Bandara Soetta

Adapun volume angkutan kargo terbanyak pada Januari-Juni 2021 tercatat di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) sebesar 271.769 ton. Angka ini naik 29,68% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Sementara, pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat volume angkutan kargo di Bandara Soekarno-Hatta ada berkisar 50.000 - 60.000 ton setiap harinya. Angka ini, kata Awaluddin, relatif stabil dibandingkan dengan sebelum PPKM Darurat.

Di tengah pandemi ini, sejak Desember 2020 terminal kargo Bandara Soekarno-Hatta juga telah menangani kedatangan vaksin untuk COVID-19 yang membutuhkan cara-cara dan fasilitas khusus. Sampai Jumat, 16 Juli 2021, total Bandara Soekarno-Hatta sudah menangani kedatangan vaksin hingga tahap ke-27.

Untuk memastikan kelancaran angkutan logistik selama PPKM Darurat Jawa-Bali, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau terminal kargo di Bandara Soekarno-Hatta, Jumat, 16 Juli 2021.

“Saya ingin melihat langsung kondisi angkutan kargo di Bandara Soekarno-Hatta setelah pemberlakuan PPKM Darurat,” jelas Menhub.

Pada kesempatan itu, Menhub juga menekankan pentingnya menjaga kinerja angkutan kargo di tengah menurunnya pergerakan penumpang pesawat selama pandemi COVID-19.

“Hari ini [saya bersama Dirut AP II meninjau langsung kondisi Terminal Kargo Bandara Soekarno-Hatta. Hal ini penting dilakukan untuk memastikan angkutan kargo tetap berjalan di tengah menurunnya grafik pergerakan penumpan di masa pandemi,” ujar Menhub.