<p>Pembayaran zakat dapat dilakukan melalui dompet digital DANA. / Facebook @DANAwallet</p>
Fintech

Volume Transaksi Pembayaran Zakat di Dompet Digital DANA Meroket 227 Persen

  • Dompet digital PT Espay Debit Indonesia Koe (DANA) mencatat kenaikan angka yang signifikan untuk fitur pengiriman zakat pada momentum Ramadan 2022.
Fintech
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - Dompet digital PT Espay Debit Indonesia Koe (DANA) mencatat kenaikan angka yang signifikan untuk fitur pengiriman zakat pada momentum Ramadan 2022.

Secara year-on-year (yoy), jumlah pengguna fitur zakat meningkat hingga 225% sementara volume transaksinya naik sampai 227%. Rata-rata transaksi zakat secara harian pun meningkat 226%.

Pihak perusahaan meyakini, pertumbuhan ini ditopang oleh edukasi berkelanjutan yang senantiasa dilakukan kepada para pengguna DANA. Selain itu, program "Ketupad: Kejar Terus Poin Ramadan" pun menjadi salah satu faktor pendukung. 

“Dengan adanya peningkatan ini, DANA menilai adanya kepercayaan yang tumbuh dari masyarakat terhadap solusi digital," ujar Chief of Product DANA Indonesia Rangga Wiseno melalui keterangan tertulis, Selasa, 24 Mei 2022.

Meski transaksi zakat digital di DANA mengalami pertumbuhan yang cukup pesat, namun Rangga mengungkapkan bahwa berdasarkan survei Jakpat di tahun ini, 90% masyarakat Indonesia masih mengutamakan pembayaran zakat secara offline.

Oleh karena itu, kolaborasi DANA dengan mitra seperti Dompet Dhuafa diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk mengadopsi layanan digital dalam menunaikan zakat.

Lewat aplikasi DANA, Dompet Dhuafa dihadirkan sebagai Mini Program yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran zakat, baik fitrah maupun profesi.

Untuk memperluas adopsi digital dalam transaksi zakat, DANA melakukan edukasi kepada pengguna secara berkala melalui berbagai kanal komunikasi, mulai dari mengirimkan notifikasi hingga menampilkan banner informasi zakat di aplikasi.