Pengunjung melintas di area tetant salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, Selasa, 14 Desember 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Gaya Hidup

Waduh! 5 Kebiasaan Belanja Ini Bikin Anda Sulit Kaya Raya

  • Inilah beberapa kebiasaan belanja yang bikin Anda sulit kaya. Manakah kebiasaan yang masih Anda lakukan?
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Tidak ada orang yang tidak ingin menjadi kaya. Akan tetapi, perilaku dan kebiasaan sehari-hari yang akan menentukan apakah Anda bisa menjadi kaya atau tidak, termasuk soal kebiasaan belanja.

Berikut ini 5 kebiasaan belanja yang bikin Anda sulit kaya!

1. Mendahulukan Keinginan

Anda tentu sudah sering mendengar istilah ‘wishlist’ di media sosial. Biasanya, banyak orang mengabulkan wishlist barang-barang impiannya saat sedang gajian. Jika Anda berbelanja hanya memikirkan keinginan dan tidak memikirkan kebutuhan atau tagihan, maka tabungan Anda bisa cepat habis.

2. Tergiur Diskon

Banyak penjual yang memanfaatkan momen tanggal tertentu untuk meningkatkan penjualan, salah satunya pada tanggal kembar seperti 1.1, 2.2, dan sebagainya dengan memberikan penawaran diskon. Akan tetapi, jika setiap event diskon Anda ikut berbelanja barang yang tidak Anda butuhkan, maka pengeluaran jadi semakin boros.

3. Tidak Memperhitungkan Biaya Ekstra

Setiap berbelanja Anda memerlukan biaya ekstra, baik itu biaya parkir, pengiriman, bungkus, dan sebagainya. Mungkin Anda hanya akan memikirkan harga produk saja, tapi biaya pengiriman atau biaya parkir yang besar juga cukup membuat pengeluaran semakin banyak.

4. Berbelanja Agar Bahagia

Banyak orang melakukan belanja agar bahagia atau demi self reward saja usai menuntaskan pekerjaan yang terasa sulit. Jika hal ini menjadi kebiasaan, maka Anda akan sulit untuk menjadi kaya dan meraih tujuan keuangan.

5. Tergiur Tren

Saat ini FOMO marketing sering dimanfaatkan para penjual atau pemasar untuk menjual produk mereka. Hal ini akan membuat Anda jadi merasa ketinggalan jika tidak ikut belanja sesuatu yang jadi tren padahal sebetulnya tidak Anda butuhkan. Jika Anda sering tergoda, maka pengeluaran Anda akan semakin boros dan Anda jadi sulit untuk kaya.

Itu tadi beberapa kebiasaan belanja yang bikin Anda sulit kaya. Manakah kebiasaan yang masih Anda lakukan?