Cara Mendeteksi Deepfake
Tekno

Waduh! Ini 5 Bahaya Serius yang Disebabkan Karena Deepfake

  • Inilah beberapa bahaya serius yang disebabkan karena teknologi deepfake.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Pada awalnya, ilmuwan komputer membuat teknologi deepfake hanya untuk hiburan. Namun, semakin banyak orang yang mulai melihat celah untuk menggunakan teknologi deepfake sebagai alat penipuan  sehingga menimbulkan bahaya serius.

Deepfake adalah sebuah konten video palsu yang dibuat menggunakan perangkat lunak digital, machine learning, dan pertukaran wajah. Deepfake adalah suatu video buatan yang dibuat oleh komputer di mana berbagai gambar digabungkan untuk membuat rekaman atau video baru yang menggambarkan peristiwa, pernyataan, atau tindakan yang sebetulnya tidak pernah benar-benar terjadi.

Bahaya Serius yang Disebabkan karena Deepfake

Bahkan hasil deepfake bisa sangat meyakinkan. Pemalsuan informasi menggunakan teknologi deepfake ini sangat sulit diidentifikasi.

1. Serangan social engineering

Serangan social engineering terjadi ketika penipu memalsukan suara korban untuk menelepon lembaga keuangan tentang pengaturan ulang password atau kata sandi dan skema lain untuk mengakses akun korban.

Penipu melakukannya dengan memperoleh informasi dari dark web dan mencari akun media sosial korban di mana mereka dapat dengan mudah menggunakan wajah atau suara korban untuk melakukan serangan.

2. Penipuan akun baru

Penjahat akan membuat akun baru dengan identitas palsu atau dicuri untuk membuka rekening bank baru. Setelah berhasil, mereka dapat memaksimalkan kartu kredit, mengambil pinjaman, dan menimbulkan masalah keuangan seseorang.

3. Pencurian identitas orang yang sudah meninggal

Penipuan identitas ini terjadi ketika informasi individu yang meninggal digunakan untuk mengakses rekening tabungan dan mendapatkan pinjaman. Deepfake membuat transaksi ini cukup dapat dipercaya untuk meyakinkan institusi terkait bahwa individu tersebut masih sehat dan hidup.

4. Penipuan identitas palsu

Deepfake sekarang dapat membuat versi yang sangat realistis dari seseorang yang sebetulnya tidak ada. Penjahat semakin licik menciptakan identitas dengan gabungan informasi curian asli dan palsu.

5. Menimbulkan informasi palsu

Deepfake dapat menggambarkan seseorang terlibat dalam perilaku antisosial dan mengatakan hal-hal keji yang tidak pernah mereka lakukan. Bahkan jika korban dapat menyanggah yang palsu melalui alibi atau sebaliknya, perbaikan itu mungkin terlambat untuk memperbaiki masalah yang telah disebarkan.

Itu tadi beberapa bahaya serius yang disebabkan karena teknologi deepfake.