5 Kesalahan Pengelolaan Keuangan di Usia 20-an yang Harus Dihindari
Gaya Hidup

Waduh! Inilah Kesalahan Finansial Terburuk yang Sering Dilakukan Banyak Orang

  • Inilah beberapa kesalahan keuangan utama yang kerap dilakukan oleh banyak orang. Apakah Anda masih melakukannya?
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Keputusan pengelolaan keuangan yang tepat akan berpengaruh pada kehidupan Anda. Akan tetapi, tampaknya tidak banyak orang yang mengetahui bagaimana cara melakukan pengelolaan keuangan yang tepat agar tidak terjebak dengan kesalahan finansial terburuk.

Padahal, saat ini pengetahuan tentang cara pengelolaan keuangan yang baik sudah banyak tersedia. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan jika masih ada banyak orang yang kurang bijak dalam mengelola uang.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui kesalahan finansial utama yang sering dilakukan oleh banyak orang berikut ini.

Kesalahan Keuangan Terburuk yang Membuat Kondisi Finansial Terancam

Berikut beberapa kesalahan finansial utama yang sering dilakukan banyak orang.

Nekat Mengambil Utang Tanpa Berpikir Panjang

Bagi Anda yang masih muda, Anda mungkin merasa waktu Anda masih panjang. Mengambil utang dalam jumlah besar tampaknya bukan masalah besar bagi Anda apalagi Anda memiliki waktu bertahun-tahun untuk melunasinya.

Namun, pemikiran yang salah ini dapat membuat Anda jadi terlilit utang selama bertahun-tahun. Itu saja belum termasuk dengan pinjaman untuk membeli mobil atau rumah Anda.

Tidak Mempersiapkan Pensiun

Hal besar lainnya yang cenderung dilewatkan adalah mempersiapkan dana pensiun. Hal ini pada umumnya dilakukan oleh individu yang masih berusia 20-an, sebab mereka merasa memiliki cukup waktu untuk memulai dan masih tidak merasa berada dalam pekerjaan impian.

Oleh karena itu, mulai sekarang sebaiknya Anda mulai mempertimbangkan tabungan pensiun dan memanfaatkan waktu luang untuk mengembangkan investasi Anda. Tabungan pensiun tidak dapat dinegosiasikan meski Anda masih muda, belum memiliki pekerjaan yang sempurna, atau memiliki terlalu banyak tagihan yang harus dibayar.

Tidak Memiliki Dana Darurat

Merasa seperti Anda selalu hidup dari gaji ke gaji? Bisa jadi Anda tidak sendirian. 

Akan tetapi, Anda tidak akan pernah maju jika Anda tidak menghadapi keadaan darurat finansial tersebut. Menabung tabungan darurat mungkin tampak seperti tugas besar, tapi memiliki tabungan akan menjaga keuangan Anda tetap utuh jika mobil atau keadaan darurat medis membebani dompet Anda.

Tidak Memiliki Asuransi Kesehatan

Kesalahan umum lainnya yang sering dilakukan adalah menganggap remeh asuransi kesehatan. Tentu, hal ini mungkin karena Anda merasa atau terlihat sehat. Akan tetapi, jika keadaan darurat medis benar-benar terjadi, Anda mungkin akan kewalahan menanggung biayanya.

Sewa ambulance dan rawat inap di rumah sakit dapat menghabiskan biaya yang cukup banyak. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda menyeimbangkan anggaran Anda dan mencoba memiliki asuransi kesehatan.

Itu tadi beberapa kesalahan keuangan utama yang kerap dilakukan oleh banyak orang. Apakah Anda masih melakukannya?