eiffel-tower-3349075_960_720.jpg
Dunia

Waduh, Menara Eiffel Karatan Tapi Cuma Dicat

  • Menara Eiffel jadi simbol dari negara Perancis sekaligus kota Cinta Paris
Dunia
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

PARIS- Menara Eiffel jadi simbol dari negara Perancis sekaligus kota Cinta Paris. Namun menara tersebut kini dilaporkan tengah berkarat dan butuh perbaikan penuh.

Namun alih-alih memperbaiki, Pemerintah Perancis hanya melakukan pengecatan pada ikon ibukota Perancis dengan menghabiskan dana kisara 60 juta Euro.

Mengutip Reuters Selasa, 5 Juli 2022 sebuah laporan menunjukkan bagian menara dalam kondisi buruk dan dipenuhi karat. Seorang narasumber yang dirahasiakan identitasnya menyebut bahwa pengunjung Eiffel mungkin akan khawatir dengan hal tersebut.

"Sederhana saja, jika Gustave Eiffel mengunjungi tempat itu, dia akan mengalami serangan jantung," kata seorang manajer yang tidak disebutkan namanya seperti dikutip TrenAsia.com.

Perusahaan yang mengawasi menara, Societe d'Exploitation de la Tour Eiffel (SETE) belum memberi komentar perihal ini.

Mengutip media lokal Mariane, Sekitar 30% dari menara seharusnya telah dilucuti dan kemudian memiliki dua lapisan baru yang diterapkan tetapi ditunda karena COVID-19. Adanya timbal dalam cat lama menandakan berarti hanya 5% yang akan dirawat oleh SETE.

Sebagai informasi, Menara Eiffel merupakan sebuh menara besi yang dibangun setinggi 324 meter oleh  Gustave Eiffel pada akhir abad ke-19. Tempat ini kini jadi salah satu lokasi wisata yang paling banyak dikunjungi di dunia, menyambut sekitar enam juta pengunjung setiap tahun.

Pengecatan kali ini adalah yang ke-20 kalinya dilakukan sejak Eiffel berdiri. Kali ini, Eiffel dicat ulang dalam rangka persiapan Olimpiade 2024 yang bakal diselenggarakan di Paris.