Waduh! 5 Aplikasi Ini Ternyata Bikin Kuota Internet Jadi Makin Boros
Tekno

Waduh! Mulai April 2023 Netflix Akan Larang Berbagi Kata Sandi

  • Netflix akan melarang berbagi kata sandi atau password Netflix setelah April 2023.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Anda tentu sudah tidak asing dengan cara menonton Netflix secara murah dan mudah dengan berbagi kata sandi bersama teman dan orang lain yang tidak satu rumah dengan Anda. Namun ternyata, Netflix tidak suka terhadap pengguna yang berbagi kata sandi tersebut. 

Oleh karena itu, Netflix ingin melakukan sesuatu tentang berbagi kata sandi ini. Sebetulnya, rumor mengenai Netflix yang akan melakukan pembatasan berbagi kata sandi sudah lama beredar. Bahkan, juga ada berita resmi tentang hal yang sama.

Seperti yang ditelusuri dari HT Times, Netflix bahkan telah mengkonfirmasi adanya peluncuran model berbagi berbayar pada paruh pertama tahun 2023 di seluruh dunia.

Hal ini karena berbagi akun atau sharing account Netflix yang tersebar luas hingga saat ini merusak kemampuan jangka panjang Netflix untuk berinvestasi dan meningkatkan kualitasnya, serta membangun bisnis mereka.

Ini artinya, pengguna yang secara luas membagikan password atau kata sandi Netflix bersama teman-teman mereka tetap harus membayar. Bahkan, tidak ada lagi berbagi kata sandi atau password Netflix setelah April 2023.

Pengguna yang telah berlangganan akan diberikan opsi kembali untuk meninjau perangkat apa yang menggunakan akun tersebut. Selain itu, Netflix juga akan mengizinkan pengguna mentransfer profil mereka ke akun baru.

Cara Netflix Mendeteksi Apakah Anda Melakukan Berbagi Akun atau Sharing Account

Netflix akan menggunakan IP address, ID perangkat, dan aktivitas akun dari perangkat yang masuk ke akun Netflix. Hal ini digunakan untuk memeriksa perangkat mana yang menggunakan akun di rumah yang sama.

Jika ada seseorang dari luar rumah mencoba masuk ke akun Netflix tersebut, maka mereka akan diminta memverifikasi perangkat sebelum bisa log in atau masuk. Hal ini dilakukan untuk mengkonfirmasi bahwa perangkat yang menggunakan akun Netflix tersebut berwenang atau sah untuk mengakses Netflix.