Pin khusus ibu hamil yang dikeluarkan oleh PT KAI Commuter Indonesia
Nasional

Waduh! Pin Khusus Ibu Hamil KRL Dijual Bebas di Shopee hingga Tokopedia

  • Pin khusus yang dikeluarkan oleh PT KAI Commuter Indonesia untuk para ibu hamil ternyata dijual bebas oleh oknum tak bertanggung jawab di sejumlah toko online seperti Shopee dan Tokopedia.
Nasional
Muhammad Farhan Syah

Muhammad Farhan Syah

Author

JAKARTA - Pin khusus yang dikeluarkan oleh PT KAI Commuter Indonesia untuk para ibu hamil ternyata dijual bebas oleh oknum tak bertanggung jawab di sejumlah toko online seperti Shopee dan Tokopedia.

Pin yang berfungsi untuk menandakan para penumpang yang sedang dalam kondisi hamil sehingga mendapatkan prioritas tempat duduk di KRL itu dibanderol mulai dari Rp7.500 hingga Rp17.000 per buah.

"(Dijual) pin ibu hamil bahan waterproof," tulis keterangan salah satu penjual di toko online Shopee dikutip pada Senin, 16 Januari 2023.

Beredarnya pin khusus ibu hamil yang dijual secara bebas di toko online menimbulkan kekhawatiran tersendiri. Pasalnya, pin yang bisa didapatkan gratis secara resmi dari KAI itu berpotensi dapat disalahgunakan oleh mereka yang seharusnya tidak mengenakan agar mendapatkan kursi prioritas.

Menanggapi hal tersebut, akun resmi PT KAI Commuter mengimbau para penumpang agar mengenakan pin khusus ibu hamil yang disediakan oleh pihaknya agar pemberian pin khusus itu dapat tepat sasaran bagi mereka yang memang seharusnya mengenakan.

"Kami imbau untuk rekan commuters dapat menggunakan PIN Ibu Hamil yang telah kami sediakan tanpa dikenakan biaya," tulis PT KAI Commuter melalui akun resmi Twitternya @CommuterLine Senin, 16 Januari 2023.

Sementara itu, untuk mendapatkan pin khusus ibu hamil secara resmi bisa diperoleh oleh masyarakat dengan melakukan proses pendaftaran secara online melalui lampiran google form yang telah disediakan.

Berikut langkah-langkah mendapatkan pin khusus ibu hamil secara resmi dari KAI.

  1. Buka laman http://bit.ly/30DZ20k untuk penumpang di wilayah Jabodetabek atau http://bit.ly/3rRIIGE untuk penumpang di wilayah Solo-Yogyakarta
  2. Masukan alamat email, nama sesuai KTP hingga alamat domisili.
  3. Masukan 16 digir nomor KMT (kartu multi trip).
  4. Masukan nomor telepon yang aktif
  5. Pilih stasiun pengambilan pin ibu hamil
  6. Tentukan tanggal dan bulan pengambilan
  7. Masukan hari perkiraan lahir (HPL)
  8. Lampirkan foto penumpan dan surat rumah sakit atau bidan tentang usia kehamilan
  9. Periksa data yang telah diisi dan lakukan submit.