Nasional

Wah! Kementerian PUPR Selesaikan Jalan Pansela Jatim untuk Akses Wisata Lebaran 2022

  • Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melakukan penyelesaian Jalan Pantai Selatan (Pansela) Jawa. Proyek ini ditargetkan akan tersambung sampai Kabupaten Banyuwangi di Provinsi Jawa Timur.
Nasional
Desi Kurnia Damayanti

Desi Kurnia Damayanti

Author

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melakukan penyelesaian Jalan Pantai Selatan (Pansela) Jawa. Proyek ini ditargetkan akan tersambung sampai Kabupaten Banyuwangi di Provinsi Jawa Timur. 

Berdasarkan data, saat ini penanganan Jalan Pansela di Provinsi Jawa Timur yang sudah ditangani sekitar 340,72 km dari total panjang 627,58 km. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa, Lintas Pansela yang dibangun sudah tembus dari Cibaliung, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten melalui Kebumen, Cilacap, Wonosari sampai ke Pacitan Provinsi Jawa Timur.

"Jalan Pansela dibangun dengan biaya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Asian Development Bank (ADB) dan Islamic Development Bank (IDB) ini dimulai sejak 6 tahun lalu, kita bangun secara bertahap. Nanti di tahun 2024 akan kita teruskan hingga tersambung sampai Banyuwangi, Jawa Timur," tambah dia dari keterangan resmi didapat pada Minggu, 1 Mei 2022. 

Kemudian, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur-Bali Achmad Subki mengatakan bahwa beberapa ruas jalan yang sudah selesai akan disiapkan menjadi jalur penghubung wisata Lebaran tahun 2022 terutama di pekerjaan Lot 6 yang menyambungkan Prigi-Bts.Kab Tulungagung-Klatak-Brumbun dengan total panjang 18,18 km yang telah mencapai 78,4%.

"Ketika liburan Lebaran tahun 2022 karena kita sebagian masih konstruksi maka tidak akan jadi jalur mudik, tetapi untuk beberapa ruas Pansela di Jawa Timur yang sudah tersambung kita fokuskan untuk dimanfaatkan sebagai jalur liburan Lebaran, salah satunya untuk menuju Pantai Gemah yang sudah bisa terakses," tambah Subki dikutip dari keterangan resmi yang didapat pada Minggu, 1 Mei 2022. 

Saat ini, Kementerian PUPR bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten setempat juga sedang membangun rest area yang akan menyajikan pemandangan indah saat melalui ruas-ruas Pansela di Jawa Timur. 

Berikut rest area yang tengah dibangun diantaranya berada di Tumpak Oentang Kabupaten Trenggalek seluas 25 hektare, rest area Gemah seluas 3 hektare, dan rest area Brumbun di wilayah Tulungagung seluas 3 hektare. 

Adapun beberapa pantai yang terdapat di Pansela lot 6 Jawa Timur ini yakni Pantai Ngelarap Besuki, Pantai Gemah, Pantai Kuteng Watulimo, Pantai Karanggonso, Pantai Pasir Putih, Pantai Genjor, Pantai Popoh, dan Pantai Kapal.