Ilustrasi anak sedang bermain gadget.
Gaya Hidup

Wah! Minim Pemakaian Gadget Ternyata Bikin Tambah Sehat. Ini Penjelasannya

  • STARBANJAR – Di era sekarang, masyarakat tidak bisa dilepaskan dengan gawai termasuk televisi, telepon genggam, laptop, dan tablet dalam kehidupan sehari-hari.
Gaya Hidup
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

STARBANJAR – Di era sekarang, masyarakat tidak bisa dilepaskan dengan gawai termasuk televisi, telepon genggam, laptop, dan tablet dalam kehidupan sehari-hari.

Tapi tahukah anda bahwa penggunaan gadget sudah terbukti memiliki efek negatif bagi Kesehatan? Berdasarkan penelitian BMC Public Health menunjukan bagaimana banyak menggunakan gadget berkaitan dengan pola makan yang lebih tidak sehat dan kondisi Kesehatan yang lebih buruk.

Ternyata, mereka yang paling banyak menggunakan gadget per harinya (17,5 jam) dilaporkan memiliki pola makan yang tidak sehat, dibandingkan dengan kelompok yang tingkat penggunaan gadgetnya masuk dalam kategori sedang dan rendah (berkisar 7-11 jam).

Salah satunya, terlihat dari lebih tingginya tingkat konsumsi makanan siap saji. Mereka yang paling banyak menggunakan gadget juga melaporkan kondisi Kesehatan yang lebih buruk dan tingkat stress yang lebih tinggi serta memiliki durasi dan kualitas tidur yang lebih buruk.

Selain itu, mereka yang paling banyak menggunakan gadget dan yang masuk dalam kategori sedang dalam penggunaan gadget ternyata memiliki indeks massa tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan yang paling sedikit menggunakan gadget.

Menggunakan gadget memang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, namun tetap harus dikontrol.

Beberapa tips yang paling dapat dilakukan antara lain: buat target pengurangan yang bertahap, gunakan aplikasi pembatasan waktu gadget, serta hindari menggunakan gadget saat makan dan di dekat waktu tidur. 

Tulisan ini telah tayang di starbanjar.com oleh Redaksi Starbanjar pada 24 Sep 2021