Gaya Hidup

Wajib Dihindari, 4 Hobi Anak Muda Ini Sering Bikin Boros

  • Wajib Dihindari, 4 Hobi Anak Muda Ini Sering Bikin BorosTidak ada salahnya sebagai anak muda memiliki hobi. Namun, tidak jarang, banyak hobi anak muda yang seri
Gaya Hidup
Azura Azka Syavira

Azura Azka Syavira

Author

Tidak ada salahnya sebagai anak muda memiliki hobi. Namun, tidak jarang, banyak hobi anak muda yang sering bikin boros. Bila dilakukan sesekali, mungkin baik-baik saja. Tapi, bila sebuah aktivitas atau hobi konsumtif sudah menjadi kebiasaan atau gaya hidup, lama-kelamaan hal ini bisa membuat kondisi keuangan memburuk, terlebih ketika tidak diimbangi dengan pengelolaan keuangan yang sehat. 

Lalu, apa saja aktivitas atau hobi yang bikin boros dan rentan membuat isi kantong bocor? Dan bagaimana triknya supaya tidak membahayakan keuangan? 

1. Nongkrong sepulang kerja

Nongkrong bersama teman-teman sepulang kerja sekadar untuk refreshing setelah penat bekerja seharian, atau menikmati me time di coffee shop, semakin menjadi bagian gaya hidup Gen Y dan Gen X. Sesekali nongkrong mungkin tidak akan terlalu berpengaruh besar pada pengeluaran pribadi. Tapi, bila hampir setiap malam nongkrong, bisa dipastikan efeknya bakal lumayan besar terhadap isi kantong.

2. Koleksi barang bermerek biar keren

Membeli barang bermerek agar tetap gaul dan tampil keren boleh saja. Tapi, apabila tidak membatasinya sesuai kemampuan finansial, bisa saja pendapatan anda habis sekadar untuk membeli barang konsumtif. Bagaimana mengatasinya supaya hobi anak muda ini tidak merusak kesehatan keuangan? Mulailah membuat alokasi anggaran khusus untuk hobi koleksi barang branded tersebut. Misalnya, budget belanja maksimal menghabiskan 10% dari pendapatan rutin.

3. Punya moto “traveling is lyfe

Boleh saja anda menghidupi hobi traveling sebagai bagian dari pemenuhan kebutuhan refreshing. Tapi, supaya tidak merusak kesehatan kantong, pastikan Anda menyiapkan anggaran untuk traveling terlebih dahulu. Caranya, siapkan budget jauh-jauh hari sehingga biaya traveling tidak perlu mengganggu arus kas bulanan dan pos-pos keuangan penting seperti dana darurat, asuransi, dan investasi, serta tidak perlu berutang.

4. Jajan boba dan kopi kekinian

Kopi kekinian dan minuman bubble tea alias boba adalah jajan yang tengah hits di kalangan anak muda perkotaan saat ini. kedua jenis minuman ini mungkin memiliki harga yang terbilang murah. Cukup mengeluarkan uang tidak sampai Rp30.000 Anda sudah bisa menikmatinya. Namun, apabila anda membelinya hampir setiap hari jajanan ini dapat menguras isi kantong juga, lho. Untuk menghindarinya anda bisa mengendalikan pengeluaran jajanan itu dengan membatasi frekuensinya. Selain bagus untuk keamanan isi dompet, mengurangi jajanan yang penuh gula dan gluten seperti kopi kekinian atau boba juga baik untuk kesehatan.