<p>Sekelompok wanita karir Jepang berjalan di distrik yang menjadi pusat bisnis di kota Tokyo<br />
Sumber; Reuters</p>
Gaya Hidup

Wajib Hindari, Perilaku Ini Bikin Anda Dikucilkan di Tempat Kerja

  • Bekerja sejatinya tak hanya kegiatan penyelesaian tugas yang dilakukan untuk mencari nafkah. Ada interaksi sosial yang dilakukan oleh Anda dan rekan kerja sehingga terjalin hubungan baik.
Gaya Hidup
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA - Bekerja sejatinya tak hanya kegiatan penyelesaian tugas yang dilakukan untuk mencari nafkah. Ada interaksi sosial yang dilakukan oleh Anda dan rekan kerja sehingga terjalin hubungan baik.

Hal ini wajib dilakukan, sebab beberapa dari Anda mungkin lebih banyak menghabiskan waktu di lingkungan kerja dibandingkan di rumah. Karenanya, menjalin hubungan baik dengan rekan kerja menjadi poin penting agar Anda selalu betah di lingkungan tersebut.

Baik tidaknya hubungan dengan rekan kerja sendiri dipengaruhi oleh sikap Anda. Baik buruknya sikap kita terhadap rekan kerja akan berbalik melalui sikap mereka terhadap Anda. Ini tentunya juga berlaku ketika  dikucilkan oleh rekan Anda.

Dikucilkan di tempat kerja tentu bukanlah hal yang baik. Selain karena membuat sulit untuk bekerja sama, ini juga akan membuat kita jadi tidak nyaman dan tidak betah karena Anda akan merasa melakukan apa-apa sendiri.

Dikucilkan rekan kerja  disebabkan oleh beberapa sebab. Mengutip berbagai sumber, inilah perilaku yang membuat Anda dikucilkan rekan kerja.  

1. Seenaknya Sendiri

Anda perlu menjaga tingkah laku terhadap siapapun, termasuk terhadap rekan kerja ketika di tempat kerja. Dalam lingkungan kerja, ada aturan dan norma yang harus dipatuhi.

Oleh sebab itu, Anda jangan berpikiran untuk berperilaku seenaknya sendiri. Sebab, sikap tersebut bisa jadi membuat Anda dikucilkan oleh rekan kerja Anda.

2. Cepu

Cepu atau suka mengadu pada atasan menjadi penyebab selanjutnya Anda dikucilkan rekan kerja. Perlu diketahui, dalam dunia kerja memang perlu memahami batasan antara urusan Anda dengan orang lain.

Jika Anda suka mengadukan rekan kerja kita kepada atasan, maka besar kemungkinan rekan kerja  akan menjaga jarak dengan Anda. Hal ini karena rekan kerja Anda tidak ingin diadukan kepada atasan.

3. Caper pada atasan

Cari perhatian atau caper pada atasan menjadi penyebab lainnya Anda dikucilkan di tempat kerja. Perilaku caper yang paling umum ditemui adalah mengambil alih atau mengklaim pekerjaan rekan Anda.

Meski hal tersebut menambah nilai Anda di mata atasan, hal ini malah membuat Anda dibenci rekan kerja. Karenanya, lakukan pekerjaan Anda sesuai porsi dan bantulah ketika memang diminta. Jangan lupa untuk terus lakukan komunikasi dengan rekan maupun atasan.

4. Sombong

Sikap sombong adalah sikap tercela yang tidak disukai oleh siapapun. Orang yang berlaku sombong atau besar kepala akan tidak disukai di lingkungan manapun dia berada, tidak terkecuali di tempat kerja.

Karena tidak suka, kebanyakan pekerja akan menjauhi orang yang sombong di tempat kerjanya. Hal ini karena malas meladeni kesombongannya yang seringkali tidak berdasar.