<p>Ilustrasi bank / Shutterstock</p>
Industri

Wajib Tahu! 5 Daftar Bank Tertua di Dunia

  • Bank merupakan bagian penting bagi kehidupan manusia dari sejak dulu sampai dengan saat ini yang memiliki banyak manfaat seperti menabung, berinvestasi, simpan-pinjam dan masih banyak lagi.
Industri
Agnes Yohana Simamora

Agnes Yohana Simamora

Author

JAKARTA – Bank merupakan bagian penting bagi kehidupan manusia dari sejak dulu sampai dengan saat ini yang memiliki banyak manfaat seperti menabung, berinvestasi, simpan-pinjam dan masih banyak lagi.

Seiring berkembangnya zaman, teknologi perbankan pun semakin maju. Misalnya seperti penggunaan komputer dan internet untuk mempermudah aktivitas para nasabah bank.

Jika dulu para nasabah harus datang ke bank untuk melakukan transaksi seperti transfer, menarik uang, menabung, sekarang semua aktivitas tersebut sangat terbantu dengan majunya teknologi seperti ATM, SMS banking, Internet Banking, dan Mobile Banking.

Dalam dunia perbankan, masih ada bank tua yang beroperasi sampai saat ini. Dikutip dari situs Oldest berikut daftar bank tertua di dunia yang masih beroperasi.

1. Banca Monte dei Paschi di Siena

Berdiri sejak 27 Februari 1472 di Siena, Italia. Bank ini didirikan atas perintah Magistrature Republik Siena. Sejak abad ke-17 Bank Monte dei Paschi memperluas operasinya ke seluruh negeri dan menawarkan pinjaman pertama kepada warga Italia. Saat ini bank ini merupakan bank ritel komersial terbesar keempat di Italia.

2. Berenberg Bank

Berdiri sejak tahun 1590 di Hamburg, Jerman. Bank ini didirikan oleh keluarga Berenberg-Gossler. Saat ini, Berenberg Bank berkantor pusat di Hamburg dan cabang operasi berada di London, Frankfurt, New York, Düsseldorf, Munich, Münster, Stuttgart, Jenewa, Luksemburg, Paris, Wina, Boston, San Francisco, Chicago, hingga Shanghai.

3. Sveriges Riksbank

Berdiri sejak tahun 1668 di Stockholm, Swedia. Bank Sveriges menjadi bank ketiga tertua yang masih terus beroperasi. Pada tahun 2000-an, bank ini mengalami krisis global dan akhirnya menutup semua cabang bank yang ada di Swedia serta menyerahkan penanganan koin ketagihan perusahaan swasta.

4. C. Hoare & Co

Berdiri sejak tahun 1672 di London, Inggris. Bank ini didirikan oleh Sir Richard Hoare. Bank C. Hoare & Co melayani klien dengan kekayaan bersih, memberi pinjaman, memiliki rekening tabungan dan layanan pajak perencanaan perumahan. Salah satu kliennya adalah Lord Byron.

5.Bankhaus Metzler (Metzler Bank)

Berdiri sejak 1674 di Frankfurt, Jerman. Bank ini didirikan oleh Benjamin Metzler yang berasal dari Saxony. Bank Metzler memiliki layanan keuangan sebagai bank pedangan dalam transaksi sekuritas, sebagai manajer aset dan konsultan keuangan.