Wakil Menteri BUMN I Kartika Wirjoatmodjo
BUMN

Wamen BUMN Dorong Prinsip ESG Melalui Taksonomi Hijau

  • Wakil Menteri BUMN I Kartika Wirjoatmodjo menegaskan saat ini sudah banyak industri hingga anak usaha BUMN yang telah menerapkan prinsip-prinsip prinsip-prinsip Environment, Social, dan Governance (ESG) demi keberlanjutan bisnisnya.

BUMN

Debrinata Rizky

JAKARTA - Wakil Menteri BUMN I Kartika Wirjoatmodjo menegaskan saat ini sudah banyak industri hingga anak usaha BUMN yang telah menerapkan prinsip-prinsip prinsip-prinsip Environment, Social, dan Governance (ESG) demi keberlanjutan bisnisnya.

Bahkan Tiko apaan akrab Wamen BUMN ini mengatakan salah satu perbankan BUMN PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menjadi satu-satunya perusahaan di Indonesia yang masuk Sustainability Yearbook Member dari S&P Global.

"Sudah banyak dan bagus-bagus saya lihat, kalau BUMN salah satunya BRI sudah mendapat rate dari S&P Global dan Moody's  Selain itu klo Pertamina juga saya lihat," katanya saat ditemui di Shangri-La pada Rabu, 26 Juli 2023.

Menurut Tiko, saat ini Kementerian BUMN telah mendorong para industri untuk terus ke arah bisnis hijau. Namun pihaknya sedang menyesuaikannya secara bertahap melalui taksonomi hijau.

Melansir Laman Kementerian Keuangan,  taksonomi hijau adalah sistem klasifikasi, yang menetapkan daftar kegiatan ekonomi yang ramah lingkungan, dengan kata lain klasifikasi berdasarkan kegiatan usaha yang mendukung upaya perlindungan lingkungan hidup dan mitigasi serta adaptasi perubahan iklim.

Kerja sama yang melibatkan berbagai pihak untuk memitigasi dan beradaptasi terhadap perubahan iklim menjadi solusi utama dalam memastikan investasi pendukung telah memenuhi kategori berkelanjutan dengan mengintegrasikan aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola.

Selain melalui taksonomi hijau Tiko juga mengungkapkan pemerintah tengah menyesuaikan transisi dari fosil ke sisi energi bersih. Tentunya hal ini juga melihat kondisi fosil 
ya sudah sembari menyesuaikan dengan kondisi bahan bakar fosil atau fosil fuel Indonesia yang masih bisa dimanfaatkan sebelum 100% ke energi hijau.

Fosil Fuel merupakan salah sumber daya alam yang mengandung hidrokarbon seperti batu bara, minyak bumi, dan gas alam yang terbentuk secara alami di kerak Bumi. Bahan bakar fosil dapat terbentuk akibat proses pembusukan organisme yang mati ratusan juta tahun lalu.