Ilustrasi vaksinasi Covid-19
Gaya Hidup

Wanita Sering Alami Efek Samping Vaksin COVID-19 Lebih Banyak Dibanding Pria? Ini Penjelasannya

  • Efek samping vaksin COVID-19 merupakan suatu hal yang umum terjadi. Akan tetapi, efek samping vaksin COVID-19 justru kerap dialami oleh wanita. Ini penjelasannya
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Efek samping vaksin COVID-19 merupakan suatu hal yang umum terjadi. Pada umumnya efek samping yang timbul berupa demam, menggigil, dan timbul rasa nyeri di tempat suntikan.

Akan tetapi, wanita justru lebih banyak yang mengalami efek samping ini daripada pria. Berikut penjelasannya.

Mengutip dari laman The Healthy, analisis data dari CDC yang dikumpulkan selama bulan pertama dirilisnya vaksinasi yang diterbitkan dalam Morbidity and Mortality Weekly Report pada bulan Februari, menunjukkan bahwa sementara sebagian besar reaksi terhadap suntikan adalah tidak serius. Akan tetapi, wanita melaporkan lebih banyak efek samping vaksin daripada pria.

“Tubuh wanita secara hormonal dan genetik berbeda dari tubuh pria, dan sementara kita tahu bahwa pria dan wanita merespons secara berbeda terhadap berbagai intervensi medis, oleh karena itu tubuh wanita secara konsisten bereaksi berbeda terhadap sebagian besar vaksin,” kata Betsy Koickel, MD, spesialis kedokteran keluarga di Northwell Health. di Levittown, New York.

1. Hormon dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh

Dr Koickel mengatakan hormon estrogen wanita umumnya meningkatkan dan memengaruhi reaksi sistem kekebalan tubuh. Hormon testosteron pria, di sisi lain, cenderung bertindak sebagai penekan kekebalan.

Contoh perbedaan berdasarkan jenis kelamin dalam respon imun adalah bahwa wanita lebih sering didiagnosis dengan penyakit autoimun seperti lupus dan multiple sclerosis, kata Daniel Kuritzkes, MD, kepala penyakit menular di Brigham and Women's Hospital dan seorang profesor di Harvard Medical School di Boston. 

2. Wanita mungkin memiliki sistem kekebalan yang lebih baik

Ada kemungkinan sistem kekebalan wanita lebih sehat, yang mengarah ke lebih banyak efek samping vaksin COVID-19.

“Kami telah mengamati bahwa efek samping lebih sering terjadi pada orang yang lebih muda setelah suntikan kedua,” kata Dr. Kuritzkes. "Mereka lebih sering terjadi pada orang yang lebih muda yang memiliki sistem kekebalan yang lebih sehat."

Sistem kekebalan setiap orang bekerja secara berbeda, dan Dr. Koickel memperingatkan bahwa kita tidak dapat menarik korelasi langsung antara efek samping dan sistem kekebalan yang bekerja. Kita dapat, bagaimanapun, secara tidak langsung menyimpulkan bahwa reaksi yang lebih merugikan adalah tanda dari respon imun yang kuat.

Tentu saja, para peneliti perlu melakukan penelitian yang melihat respons imun pria versus wanita sebelum dan sesudah mendapatkan vaksin untuk memastikan apakah ini merupakan faktor penyebabnya.

3. Wanita dan pria secara genetik berbeda

Sama seperti perbedaan hormon yang dapat menjelaskan perbedaan dalam reaksi vaksin COVID-19, demikian juga perbedaan genetik, kata Dr. Koicke. “Gen kekebalan ditemukan lebih banyak pada kromosom X, atau perempuan,” tambahnya.

Sementara Dr Kuritzkes mengakui bahwa beberapa kecenderungan genetik mungkin ada, para ilmuwan dapat membuat kesimpulan yang pasti hanya jika kelompok studi yang sangat besar berkumpul untuk menguji teori tersebut. “Sejauh ini, kami tidak memiliki bukti nyata tentang ini,” katanya.

4. Dosis vaksin mungkin terlalu kuat

Beberapa ahli, termasuk Dr. Koickel, percaya kemungkinan dosis vaksin, yang sama untuk pria dan wanita, terlalu kuat untuk wanita dan alasan untuk reaksi yang lebih merugikan.

Tidak ada uji coba vaksin terpisah yang dilakukan pada pria dan wanita, jadi peneliti tidak melakukannya jika dosis yang lebih kecil akan memberi wanita perlindungan yang sama dengan efek samping yang lebih sedikit.

5. Bias pelaporan dapat menjelaskan perbedaan jenis kelamin

Analisis data CDC mencakup respons terhadap vaksin COVID-19 selama bulan pertama peluncurannya. Peluang bias pelaporan (hanya melihat informasi secara selektif) dapat mendistorsi analisis dan kesimpulan bahwa wanita mengalami lebih banyak efek samping dari suntikan daripada pria.

Dr Kuritzkes juga menunjukkan bahwa penelitian ini tidak membandingkan vaksin head to head. Misalnya, efek samping vaksin Moderna tidak dibandingkan dengan efek samping vaksin Pfizer, jadi kami tidak tahu apakah reaksi lebih banyak terjadi berdasarkan merek. Jika satu jenis vaksin menyebabkan lebih banyak efek samping daripada yang lain, dan jika lebih banyak wanita yang mendapatkan vaksin itu, mungkin itu sebabnya lebih banyak wanita memiliki efek samping.

6. Efek samping vaksin COVID-19 bisa berkurang

Para ahli sepakat bahwa reaksi merugikan terhadap suntikan vaksinasi biasanya terjadi dalam 24 jam pertama. Rasa sakit di area suntikan dapat dikurangi dengan kompres panas atau dingin.

Untuk sakit, nyeri, dan demam, minum acetaminophen (Tylenol) untuk mengatasinya. Sedangkan untuk demam atau peradangan, minumlah ibuprofen (Advil atau Motrin). Dr Kuritzkes mengatakan obat ini tidak akan mengganggu vaksin jika Anda meminumnya setelah gejala muncul, tetapi ada beberapa bukti bahwa meminumnya sebelum mendapatkan vaksin dapat menekan efektivitas suntikan.

Pastikan untuk meningkatkan asupan cairan Anda dengan dan tanpa elektrolit, menahan diri dari aktivitas berat, dan tidur dengan cukup. Dr Parsons mengatakan bahwa 95 persen dari reaksi akan hilang sendiri dalam waktu 24 jam. “Tidak ada yang dapat mencegah efek samping,” katanya, “tetapi tingkat keparahannya dapat dikurangi.”