Transaksi Menggunakan Metode Pembayaran Dompet Digital DANA
Industri

Warga +62 Makin Ogah Pakai Uang Tunai, Juara Cashless di ASEAN

  • JAKARTA – Studi Visa Consumer Payment Attitudes menyebutkan, Indonesia menempati urutan pertama di kawasan Asia Tenggara dengan penduduk yang paling sedikit menggunakan uang tunai. Dengan kata lain, 63% konsumen Indonesia makin jarang menggunakan uang tunai. Lebih lanjut, 7 dari 10 konsumen (66%) mengatakan merasa tidak perlu lagi membawa uang tunai. “Konsumen Indonesia telah merasakan langsung […]

Industri
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Studi Visa Consumer Payment Attitudes menyebutkan, Indonesia menempati urutan pertama di kawasan Asia Tenggara dengan penduduk yang paling sedikit menggunakan uang tunai.

Dengan kata lain, 63% konsumen Indonesia makin jarang menggunakan uang tunai. Lebih lanjut, 7 dari 10 konsumen (66%) mengatakan merasa tidak perlu lagi membawa uang tunai.

“Konsumen Indonesia telah merasakan langsung manfaat gaya hidup nontunai, terutama dari segi keamanan, kenyamanan, dan efisiensi, di tengah ketidakpastian situasi saat ini,” kata Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia dalam keterangan resmi, Kamis, 25 Februari 2021.

Hampir 6 dari 10 (59%) konsumen Indonesia lebih memilih berbelanja di situs perdagangan (marketplace) daring. Adapun mayoritas transaksi mobile e-commerce terjadi melalui aplikasi, sekitar 12 kali dalam sebulan.

Perilaku berbelanja konsumen di Indonesia juga telah bergeser, di mana 4 dari 10 konsumen memilih untuk mendukung usaha rumahan atau lokal.

Saat berbelanja, layanan pesan antar ke rumah menjadi pilihan utama, di mana 9 dari 10 (88%) konsumen Indonesia menggunakan layanan tersebut.

 Dengan 7 dari 10 mengakui lebih sering menggunakan layanan tersebut, rata-rata 7 kali setiap bulannya.