Warga keturunan Tionghoa menghias patung dewa pada kegiatan bersih- bersih menjelang peringatan Tahun Baru Imlek di Vihara Amurva Bhumi, Jakarta Selatan, Selasa, 25 Januari 2022. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Foto

Warga Keturunan Tionghoa Bergotong Royong Bersihkan Wihara Sambut Perayaan Imlek

  • Sejumlah Vihara di Ibu Kota mulai melakukan persiapan jelang perayaan Tahun Baru China atau Imlek 2573 yang akan diperingati Selasa, 1 Februari 2022 mendatang.
Foto
Ismail Pohan

Ismail Pohan

Author

Sejumlah Vihara di Ibu Kota mulai melakukan persiapan jelang perayaan Tahun Baru China atau Imlek 2573 Kongzili yang akan diperingati Selasa, 1 Februari 2022 mendatang. Perayaan Imlek di tengah pandemi Covid-19, membuat sejumlah pengurus Vihara harus menyiapkan sejumlah aturan agar tetap bisa menggelar ibadah.

Seperti yang terlihat di Vihara Amurva Bhumi, Karet Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa, 25 Januari 2022. Sejumlah warga keturunan Tionghoa dan petugas Vihara bersama-sama membersihkan area Wihara, mencuci patung dewa, dan mempersiapkan dekorasi untuk menghias wihara.

Menurut salah satu panitia, sebelum adanya pandemi Covid-19, biasanya Vihara akan dipenuhi umat sekitar pada malam Imlek dan hari H. Namun, ketika pandemi kapasitas Vihara dibatasi tidak begitu ramai.

Adanya peraturan pembatasan dari pemerintah pun, membuat pengurus vihara memutuskan untuk tidak menggelar acara puncak perayaan Imlek 2573 seperti tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk mendukung upaya pemerintah menekan angka penularan Covid-19 yang masih tinggi di DKI Jakarta.

Warga berharap di tahun Macan Air ini, semua umat diberikan kesehatan dan keselamatan serta dapat suka cita merayakan Imlek meski masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia