Dunia

Warga Ukraina di Luar Negeri Siap Pulang Kampung Bela Tanah Air Mereka

  • Keadaan mencekam yang terjadi di Ukraina telah menginspirasi beberapa orang Ukraina yang tinggal di luar negeri untuk kembali dan berjuang membela negara mereka.
Dunia
Fadel Surur

Fadel Surur

Author

UKRAINA - Keadaan mencekam yang terjadi di Ukraina telah menginspirasi beberapa orang Ukraina yang tinggal di luar negeri untuk kembali dan berjuang membela negara mereka.

Beberapa orang Ukraina yang tinggal di Inggris telah merencanakan untuk kembali ke tanah air mereka untuk melawan tentara Rusia, seperti dikutip TrenAsia.com dari The Guardian pada 26 Februari 2022.

Menurut Asosiasi Warga Ukraina di Inggris Raya, sejumlah veteran perang dengan Rusia pada tahun 2014 siap untuk angkat senjata dan membela negara mereka dari invasi yang menyerang Ukraina.

“Di London, bisa saya katakan beberapa dari mereka mengaku akan kembali,” ujar ketua Asosiasi, Wolodymyr Pawluk.

Kepala Organisasi Kepanduan Nasional Ukraina di London, Marta Mulyak mengatakan bahwa ia juga siap kembali ke Ukraina dan membantu. Beberapa teman-teman dan anggota keluarga Marta di Ukraina telah bergabung pasukan pertahanan yang dibuat pemerintah sejak bulan Januari.

“Kenyataannya adalah tidak seorang pun selain warga Ukraina yang akan melindungi wilayah Ukraina,” katanya.

Ivanka, seorang pekerja Ukraina di Polandia mengatakan ia sudah dalam perjalanan ke Vinnytsia di Ukraina tengah, seperti dikutip dari VICE. Ia berniat menjemput orang tua dan kedua anaknya untuk diselamatkan ke Polandia. Setelah itu ia akan kembali lagi untuk berjuang di Ukraina.

“Ukraina adalah dan akan terus menjadi Ukraina. Saya akan berjuang untuk negara saya,” ujar Dima, seorang warga Ukraina di Polandia kepada surat kabar lokal. Dirinya mengaku segera berkemas ketika mendengar kabar mengenai serangan Rusia.