Warren_Buffett_KU_Visit.jpg
Nasional & Dunia

Warren Buffet Sumbangkan Saham Rp764 Triliun ke Badan Amal

  • Miliarder Warren Buffet menyumbangkan 13,7 juta saham kelas B Berkshire Hathaway atau senilai US$4,64 miliar atau kisaran Rp70 triliun ke lima badan amal.
Nasional & Dunia
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

OMAHA- Miliarder Warren Buffet menyumbangkan 13,7 juta saham kelas B Berkshire Hathaway atau senilai US$4,64 miliar atau kisaran Rp70 triliun ke lima badan amal. Donasi tahunan yang diberikan Buffet pada Rabu lalu merupakan yang terbesar bagi Buffet.

Sumbangan Buffet kali ini meningkatkan total pemberian Buffet sejak 2006 menjadi US$51 miliar.

Dari saham yang disumbangkan, secara rinci  Buffett memberikan 10,45 juta saham ke Bill & Melinda Gates Foundation yang sebelumnya telah menerima lebih dari US$39 miliar atau kisaran Rp584 teriliun saham Berkshire secara keseluruhan.

Selain itu, Buffet juga mendonasikan 1,05 juta saham ke Susan Thompson Buffett Foundation. Yayasan ini merupakan badan amal yang  dinamai menurut nama mendiang istri pertamanya.

Kemudian, 2,2 juta saham dibagi rata di antara badan amal yang dipimpin oleh anak-anaknya Howard, Susan dan Peter yakni Yayasan Howard G. Buffett, Yayasan Sherwood dan Yayasan NoVo.

Sumbangkan Semua Kekayaannya Secara Bertahap

Perlu diketahui, Buffet memberikan hampir semua kekayaan yang dia bangun  sejak tahun 1965 di Berkshire yang berbasis di Omaha, Nebraska.

Sebelumnya, dia dan Bill Gates memelopori Giving Pledge. Lebih dari 240 orang seperti Michael Bloomberg, Larry Ellison, Carl Icahn, Elon Musk, dan Mark Zuckerberg menyumbangkan setidaknya setengah dari kekayaan mereka untuk filantropi.

Buffett telah menyumbangkan lebih dari setengah saham Berkshire miliknya. Meski demikian, Pria 92 tahun itu masih memiliki lebih dari US$112,5 miliar atau Rp1,6 kuadriliun.

Meski demikian, jumlah saham yang disumbangkan Buffett turun 5% setiap tahun. Namun, jumlah dolar tahun ini mencatat rekor karena harga saham Berkshire telah meningkat.