Warren_Buffett_KU_Visit.jpg
Dunia

Warren Buffet Tambah Saham di Emiten Minyak

  • Miliarder Warren Buffet menambah kepemilikan sahamnya di emiten minyak, Occidental Petroleum Pada Selasa, 7 Maret 2023 waktu setempat.
Dunia
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

OMAHA- Miliarder Warren Buffet menambah kepemilikan sahamnya di emiten minyak, Occidental Petroleum Pada Selasa, 7 Maret 2023 waktu setempat.

Lewat firma miliknya, Berkshire Hathway, Warren disebut membeli 5,8 juta saham perusahaan minyak dalam beberapa perdagangan terpisah pada hari Jumat, Senin dan Selasa. Adapun pembelian dilakukan dengan harga kisaran dari US$59,8 hingga US$61,9 per lembar saham.

Adapun penambahan saham Occidental Pertoleum, pria berjulukan Oracle of Omaha ini menucurkan dana kisran US$350 juta atau kisaran Rp5,4 triliun (asumsi kurs Rp15.500 per dolar AS). Sebagai informasi, pembalian ii sekaligus menandai pertama kalinya Warren menaikkan taruhannya sejak September.

Sebelum pembelian dilaksanakan, CEO Occidental Vicki Hollub mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa ia bertemu dengan investor berusia 92 tahun itu beberapa hari yang lalu. Sebagaimana dikutip dari CNBC Internasional, Hollub mengatakan mereka berbicara tentang industri minyak dan gas dan teknologi yang terlibat di dalamnya.

Setelah pembelian dilakukan, Warren melalui Berkshire Hathway kini tercatat memiliki kisaran 200,2 juta saham Occidental dalam portofolionya dengan nilai mencapai US$12,2 miliar atau Rp188,6 triliun.

Saat ini, Occidental menjadi salah satu emiten teratas yang dimiliki oleh Nerkshire. <eski demikian, nilai sahamnya turun kisaran 3% tahun ini dibandingkan dengan performanya di tahun lalu.