Warung Mak Beng Lokasi di Sanur Bali Masuk Masuk 3 Besar Restoran Paling Legendaris di Dunia
Destinasi & Kuliner

Warung Mak Beng di Sanur Bali Masuk 3 Besar Restoran Paling Legendaris di Dunia

  • Inilah Warung Mak Beng di Sanur Bali yang berhasil menjadi 3 besar restoran legendaris di dunia. Tertarik mengunjunginya?
Destinasi & Kuliner
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Baru-baru ini nama salah satu restoran asal Indonesia ramai diperbincangkan di media sosial, yaitu Warung Mak Beng yang berlokasi di Sanur, Bali. Seperti yang dilansir dari laman Taste Atlas pada Selasa, 27 Juni 2023, laman tersebut memberikan daftar 150 restoran legendaris di seluruh dunia.

Dari daftar 150 restoran tersebut di posisi ketiga muncul nama restoran Warung Mak Beng di Sanur, Bali yang ternyata sudah didirikan sejak tahun 1941. Menurut Taste Atlas, 150 daftar restoran tersebut tidak hanya menyajikan makanan yang spesial, tapi juga mampu bertahan dalam waktu yang lama serta tetap memberikan masakan tradisional yang berkualitas tinggi.

150 restoran yang ada di daftar tersebut  ada yang dikelola oleh keluarga hingga restoran Michelin. Taste Atlas menilai semua restoran ini memiliki komitmen yang sama untuk menjaga keaslian kuliner yang disajikan. Masakan yang disajikan juga asli dengan rasa yang otentik serta menggunakan resep yang diturunkan secara turun temurun dari generasi ke generasi. Setiap restoran yang masuk ke dalam 150 restoran pada daftar tersebut masing-masing memiliki ceritanya sendiri, tradisi, dan menciptakan kenangan bagi pelanggannya. 

Apa Itu Warung Mak Beng?

Warung Mak Beng adalah restoran yang berada di daerah Jl. Hang Tuah 45, Sanur, Bali dan ternyata sudah didirikan sejak tahun 1941. Warung Mak Beng telah mencapai status legendaris karena memiliki hidangan yang unik yaitu ikan goreng.

Ikan goreng dari Warung Mak Beng disajikan dengan saus sambal yang kaya rasa dan pedas. Diketahui Warung Mak Beng memiliki komitmen tanpa kompromi terhadap produk lokal yang segar dan menggunakan resep keluarga yang dijaga ketat sehingga mampu memberikan cita rasa yang khas bahkan melampaui tren yang ada.

Ikan goreng sendiri adalah lauk yang seolah menjadi comfort food bagi masyarakat Indonesia. Ada berbagai macam versi ikan goreng yang tersedia di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan, jenis ikan yang digunakan untuk memasak ikan goreng juga bervariasi, mulai dari ikan yang berukuran kecil seperti ikan teri hingga ikan yang lebih besar seperti ikan tenggiri, kakap, dan tuna. Lauk ikan goreng biasanya disajikan dan dikonsumsi bersama dengan nasi hangat dan berbagai lauk pauk pendamping seperti sambal, lalapan, tempe, dan tahu. 

Selain itu, sup yang disajikan juga dimasak menggunakan bumbu warisan tradisional Bali yang diturunkan dari generasi ke generasi pemilik warung. Hal ini yang membuat cita rasa sop ikannya menjadi tidak amis sama sekali, terasa segar, sedikit asam, dan pedas. 

Biasanya, Warung Mak Beng buka mulai pukul 08.30 sampai 17.00. Jika Anda ingin mengunjunginya untuk wisata kuliner saat liburan, sebaiknya Anda datang menghindari jam makan siang untuk mencegah antrian mendapatkan tempat duduk.

Itu tadi penjelasan mengenai Warung Mak Beng di Sanur Bali yang berhasil menjadi 3 besar restoran legendaris di dunia. Tertarik mengunjunginya?