<p>Diduga terjadi kebocoran 15 juta data pribadi Tokopedia. / Facebook @Tokopedia</p>
Industri

Warung &#8216;Zaman Now&#8217;: Bisa Bayar Tagihan E-Commerce Hingga BPJS

  • JAKARTA – Sebagai sektor yang berkontribusi lebih dari 60% pendapatan negara, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sudah sepatutnya didorong untuk beralih ke platform digital. Terlebih, pandemi membuat preferensi belanja masyarakat berubah dari offline ke online. Akselarasi adopsi platform digital warung ditandai dengan makin canggihnya layanan warung, inovasi dari Tokopedia yaitu Mitra Tokopedia. Kini, warung […]

Industri
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Sebagai sektor yang berkontribusi lebih dari 60% pendapatan negara, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sudah sepatutnya didorong untuk beralih ke platform digital. Terlebih, pandemi membuat preferensi belanja masyarakat berubah dari offline ke online.

Akselarasi adopsi platform digital warung ditandai dengan makin canggihnya layanan warung, inovasi dari Tokopedia yaitu Mitra Tokopedia. Kini, warung dapat melayani penjualan pulsa, paket data, voucher game, pembayaran tagihan listrik, air, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), dan lainnya. 

“Jumlah transaksi produk digital melalui Mitra Tokopedia mengalami kenaikan signifikan selama periode pandemi dibandingkan periode sebelumnya,” kata AVP of New Retail Tokopedia, Adi Putra dalam siaran pers, Selasa malam, 14 Juli 2020.

Hingga Juni 2020, Mitra Tokopedia telah digunakan oleh jutaan warung  di lebih dari 500 kota/ kabupaten di Indonesia. Makin meleknya pelaku usaha ke dunia digital membuat Adi optimistis UMKM dapat menjadi garda ekonomi yang mampu memulihkan perekonomian setelah krisis COVID-19.

Tempat Pembayaran Tokopedia

Selain mempermudah konsumen dalam bertransaksi, pemilik warung juga dimudahkan dalam proses belanja kebutuhan warungnya. Hanya dengan melalui aplikasi Mitra Tokopedia, pemilik warung tidak perlu lagi berbelanja ke luar rumah, barang yang dibeli akan langsung diantar ke warung.

Hal ini akan membuat nilai efisiensi warung menjadi meningkat. Selain itu juga membantu pemerintah menjalankan program social distancing.

Untuk menambah nilai warung, Tokopedia juga baru saja menggandeng para pemilik warung sebagai mitra pembayaran belanja online di Tokopedia. Dengan demikian, para pemilik warung akan mendapatkan penghasilan tambahan dari tiap konsumen yang membayar tagihan di warung miliknya.

“Dengan bertambahnya pilihan metode pembayaran ini diharapkan semakin banyak masyarakat yang bisa merasakan kemudahan bertransaksi online untuk pertama kalinya,” terang Adi.

Tidak hanya itu, untuk memenuhi kebutuhan masker masyarakat, Tokopedia juga bekerja sama dengan produsen masker agar pemilik warung dapat memasok masker dengan harga yang lebih murah.

Sehingga edukasi menerapkan protokol kesehatan melalui warung juga dapat lebih optimal. Di sisi lain, warung juga terus didorong untuk beralih ke sistem pembayaran non tunai untuk mengurangi risiko penularan COVID-19. (SKO)