Nasional

Waskita Bangun Prasarana dan Sarana Pelabuhan Perikanan Daeo Majiko SKPT Morotai Senilai Rp111 Miliar

  • PT Waskita Karya (Persero) Tbk. tengah mengebut proyek Pembangunan Prasarana dan Sarana Pelabuhan Perikanan Daeo Majiko Sentra Kelautan Perikanan Terpadu (SKPT) Morotai senilai Rp111 miliar.
Nasional
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - PT Waskita Karya (Persero) Tbk tengah mengebut proyek Pembangunan Prasarana dan Sarana Pelabuhan Perikanan Daeo Majiko Sentra Kelautan Perikanan Terpadu (SKPT) Morotai senilai Rp111 miliar.

SVP Corporate Secretary Perseroan Ermy Puspa Yunita menerangkan pembangunan SKPT Morotai yang di Maluku Utara ini akan menjadi pemasok ikan dari Indonesia yang sangat strategis. Adapun lokasi pembangunan berada di Desa Daeo Majiko, Kecamatan Morotai Selatan, Maluku.

“Lokasinya berada di Pulau Morotai, bagian utara Maluku, terletak di tiga Wilayah Pengelolaan Perikanan Indonesia. Tentunya akan mempermudah pengiriman ikan yang targetnya ke negara-negara Asia Tenggara hingga Jepang,” kata Ermy dalam keterangannya pada Senin, 30 Januari 2023.

Emy menambahan, proyek ini rencananya akan dikerjakan selama 450 hari di mana lingkup pekerjaan meliputi Persiapan, Pembangunan Ice Flake Machine, Gudang, Integrated Cold Storage, Barak Nelayan, Kantor SKPT, Lods Ikan.

Tak ketinggalan pembangunan lainnya yang juga menjadi proyek adalah Gedung Kuliner, Mess Pegawai, Seawall & Dewatering, Rumah Pompa, Pekerjaan Sarana dan Prasarana Kawasan, Pekerjaan Elekterikal Kawasan, Pekerjaan Plumbing & Fire Fighting Kawasan, Rehabilitasi Tempat Pelelangan Ikan (TPI).

Sekedar informasi, SKPT Morotai adalah salah satu pemasok terbesar ekspor ikan di Indonesia. Pembangunan ini nantinya akan dibangun ice flake machine, processing, instalasi pengolahan, tempat pendaratan ikan, pemberhentian kapal nelayan dan cold storage yang memiliki kapasitas  ratusan ton.