<p>Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi V Pakis-Malang / Dok.  Kementerian PUPR</p>
Korporasi

Waskita Karya (WSKT) Lakukan Transaksi Tukar Saham dengan SMI untuk Proyek Jalan Tol Cimanggis - Cibitung

  • PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) melalui anak usaha PT Waskita Toll Road (WTR) menggandeng PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sebagai partner untuk percepatan pembangunan Ruas Tol Cimanggis - Cibitung.
Korporasi
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) melalui anak usahanya PT Waskita Toll Road (WTR) menggandeng PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sebagai rekan untuk percepatan pembangunan Ruas Tol Cimanggis - Cibitung.

Bergabungnya SMI ke dalam PT Cimanggis Cibitung Tollways (CCT) selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang mengelola Ruas Tol Cimanggis - Cibitung melalui mekanisme pertukaran saham (share swap) 55% kepemilikan WTR di CCT.

Direktur Utama Waskita Karya Destiawan Soewardjono mengatakan, kerja sama ini menjadi salah satu bagian dari implementasi delapan arus penyehatan keuangan Waskita serta memperkuat struktur permodalan dan perbaikan kinerja operasional.

"Kerja sama ini juga sebagai tindak lanjut tahap akhir dari rencana konversi saham WTR dan SMI dengan mengoptimalkan jalan tol serta memperkuat modal kerja dan mendukung komitmen perseroan untuk menyelesaikan pembangunan ruas tol," kata dia dalam keterangan resmi, Selasa, 5 Juli 2022.

Adapun kepemilikan saham WTR di CCT sebelumnya sebesar 90% dan setelah bergabungnya SMI maka kepemilikan di CCT dari SMI sebesar 55%, WTR 35%, dan pemegang saham lainnya 10%.

Selain itu, Waskita Karya juga memperkuat posisi kepemilikan saham mayoritas di WTR sebagai anak usaha dengan menggantikan 4,5% kepemilikan saham pada SMI di WTR melalui konversi menjadi kepemilikan saham pada CCT sebagai bagian dari kesepakatan yang dilakukan.

Transaksi tersebut merupakan tahap II dari konversi saham SMI di WTR ke Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang dimiliki Waskita Toll Road.

Sebelumnya pada Juni 2021, WTR dan SMI telah melakukan kerja sama atas kepemilikan saham WTR 20% di Ruas Tol Semarang - Batang, dan 34,99% saham di Ruas Tol Cinere - Serpong.

Saat ini perseroan juga sedang melakukan kerja sama dengan para investor salah satunya Indonesia Investment Authority (INA) untuk melanjutkan kerja sama sebagai tindak lanjut investasi di beberapa ruas Jalan Tol Trans Jawa.

Untuk diketahui, Ruas Tol Cimanggis - Cibitung memiliki dua seksi dengan total panjang 26,18 kilometer (km). Seksi 1 Cimanggis - Jatikarya telah beroperasi sejak November 2020 dan seksi 2 Jatikarya - Cibitung masih dalam proses pembangunan dan ditargetkan beroperasi penuh pada akhir 2023.