<p>Gedung Waskita Heritage dikawasan MT Haryono, Jakarta Selatan. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Korporasi

Waskita Karya (WSKT) Suntik Modal ke Trans Jabar Tol Senilai Rp34,01 Miliar

  • PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) melalui anak usaha PT Waskita Toll Road (WTR) melakukan transaksi afiliasi lebih dari 20% ke PT Trans Jabar Tol.
Korporasi
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - Emiten konstruksi plat merah PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) melalui anak usaha PT Waskita Toll Road (WTR) melakukan transaksi afiliasi lebih dari 20% ke PT Trans Jabar Tol.

Dalam keterbukaan informasi Waskita Karya, Kamis, 25 Agustus 2022, transasksi afiliasi tersebut dilakukan untuk meningkatkan modal ditempatkan dan disetor senilai Rp34,01 miliar. Di mana transaksi tersebut saat ini masih dalam proses di notaris.

Berdasarkan laporan keuangan Waskita Karya per Juni 2022, transaksi ini setara 0,17% dari ekuitas perseroan senilai Rp19,93 triliun.

Sedangkan dari sisi laporan konsolidasi WTR per Juni 2022, transaksi ini senilai 0,15% dari ekuitas WTR sebesar Rp22,18 triliun.

Lebih lanjut, WTR merupakan anak usaha Waskita Karya dengan kepemilikan saham sebesar 92,10% dan TJT merupakan anak perusahaan WTR dengan menggenggam saham TJT sebesar 99,99%.

Penyutikan modal kepada anak usaha WTR ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pendanaan operasional TJT. Diharapkan dengan meningkatnya modal dari WTR dapat memaksimalkan kinerja dan memberikan nilai tinggi bagi Waskita Karya sebagai pemegang saham WTR.

Untuk diketahui, Trans Jabar Tol merupakan perusahaan terbatas yang berfokus pada bidang pembangunan dan pengelolaan jalan tol.