<p>Gedung Waskita Heritage dikawasan MT Haryono, Jakarta Selatan. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Nasional

Waskita Karya (WSKT) Tambah Modal Usaha Trans Jabar Toll Rp84 Miliar

  • PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) menyuntik modal ke PT Trans Jabar Toll (TJT) selaku pengelola Tol Ciawi-Sukabumi.
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - Emiten konstruksi plat merah PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) menambah modal ke PT Trans Jabar Toll (TJT) senilai Rp84,35 miliar. Penambahan modal ini dilakukan melalui anak usaha WSKT yakni PT Waskita Toll Road (WTR).

Trans Jabar Toll telah melakukan peningkatan modal ditempatkan dan disetor sebesar Rp84,35 miliar atau setara dengan 168.706 lembar saham yang seluruhnya diambil bagian oleh WTR.

Mengutip keterbukaan informasi, Rabu, 16 Maret 2022, alasan transaksi afiliasi yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pendanaan Trans Jabar Toll sebagai perusahaan yang mengelola Jalan Tol Ciawi-Sukabumi yang sudah beroperasi sejak 2018. 

Dengan adanya penambahan modal dari Waskita Toll Road kepada TJT, diharapkan dapat memaksimalkan kinerja usahanya. Selain itu, penambahan modal bisa meningkatkan nilai tambah bagi perseroan sebagai pemegang saham WTR.

Untuk diketahui, Waskita Karya menguasai sebanyak 3,35 juta lembar saham TJT senilai Rp1,67 triliun atau setara dengan 99,99% saham.

Nilai tersebut meningkat setelah suntikan modal dilakukan menjadi 3,52 juta lembar saham setara dengan Rp1,76 triliun.

Nilai transaksi afiliasi yang dilakukan setara 0,54% dari ekuitas perseroan sebesar Rp15,62 miliar per september 2021. Sedangkan, nilai transaksi ini sebesar 0,36% dari ekuitas WTR sebesar Rp23,50 miliar.